alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ribuan Warga Christchurch Gelar Pawai March For Love

Kurniawan Eka Mulyana
Ribuan Warga Christchurch Gelar Pawai March For Love
Ribuan warga Christchurch melakukan pawai yang bertajuk Pawai Cinta Sabtu (23/3/2019), yang bertujuan untuk berusaha untuk sembuh dari tragedi pekan lalu. Foto: Reuters/Jorge Silva

CHRISTCHURCH - Ribuan warga Christchurch melakukan pawai yang bertajuk "Pawai Cinta" pada Sabtu (23/3/2019), yang bertujuan untuk berusaha untuk sembuh dari tragedi penembakan pekan lalu.

Peserta pawai membawa plakat bertuliskan "Dia ingin memecah belah kita, dia hanya membuat kita lebih kuat", "Muslim menyambut, tidak rasis", dan "Kia Kaha" - Maori untuk 'tetap kuat', kebanyakan orang berjalan dalam diam atau dengan lembut menyanyikan Maori himne damai.

"Kami merasa seperti kebencian telah membawa banyak kegelapan pada saat-saat seperti ini dan cinta adalah obat terkuat untuk menerangi kota dari kegelapan itu," kata Manaia Butler, 16, salah satu siswa penyelenggara pawai, seperti dilansir Reuters.



Selandia Baru dan perdana menterinya, Jacinda Ardern telah banyak dipuji karena curahan empati dan persatuan dalam menanggapi serangan. Penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, berterima kasih kepada Ardern di Twitter Jumat malam.

Dia memposting foto Burj Khalifaworld Dubai, gedung tertinggi di dunia, menyala dengan gambar Ardern yang diperbesar yang merangkul seorang wanita dan kata Arab "salam" dan terjemahan bahasa Inggris "perdamaian" di atas mereka.

"Terima kasih @jacindaardern dan Selandia Baru atas empati dan dukungan tulus Anda yang telah memenangkan rasa hormat dari 1,5 miliar Muslim setelah serangan teroris yang mengguncang komunitas Muslim di seluruh dunia," katanya di Twitter.

Jumlah Muslim hanya sekitar 1 persen dari 4,8 juta populasi Selandia Baru, sebuah sensus 2013 menunjukkan, kebanyakan dari mereka dilahirkan di luar negeri.

Pada hari Jumat, panggilan Muslim untuk salat (azan) disiarkan secara nasional di televisi dan radio dan sekitar 20.000 orang menghadiri layanan doa di taman di seberang masjid Al Noor dalam sebuah pertunjukan solidaritas.

Banyak wanita juga mengenakan jilbab untuk menunjukkan dukungan mereka.

Di Mekah, situs paling suci Islam, sebuah doa khusus diadakan setelah khotbah Jumat bagi para korban serangan, menurut situs web berita Saudi, Sabq.

Sebagian besar orang mati dibaringkan di pemakaman massal di Christchurch pada hari Jumat, ketika 26 korban dikebumikan. Yang lain telah dimakamkan di upacara pribadi, atau dipulangkan ke negara asal mereka untuk pemakaman.

Shahadat Hossain, yang saudaranya Mojammel Haque terbunuh dalam serangan itu, mengatakan kepada Reuters bahwa dia akan membawa jenazahnya kembali ke Bangladesh.

"Saya tidak tahu kapan keluarga kami akan bisa keluar dari kesedihan ini," katanya.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads