alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PKPI Dibatalkan Sebagai Peserta Pemilu, Suzanna Bilang Ini

Luqman Zainuddin
PKPI Dibatalkan Sebagai Peserta Pemilu, Suzanna Bilang Ini
SUZANNA KAHARUDDIN. PKPI menjadi salah satu partai politik (parpol) yang kepesertaannya dalam pemilu di beberapa daerah di Sulsel dibatalkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Foto: SINDOnews/Luqman Zainuddin

MAKASSAR - Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) menjadi salah satu partai politik (parpol) yang kepesertaannya dalam pemilu di beberapa daerah di Sulsel dibatalkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Pembatalan itu gara-gara mereka tidak melaporkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK).

PKPI dibatalkan kepesertaannya pada 13 kabupaten/kota. Yakni, Selayar, Bulukumba, Bantaeng, Maros, Pangkep, Barru, Soppeng, Wajo, Parepare, Bone, Enrekang, Luwu Utara, dan Luwu Timur.



Ketua DPP PKPI Susel, Suzanna Kaharuddin terdengar tak heran saat ditanya mengenai pembatalan kepesertaan partainya di 13 kabupaten/kota. Sebab, pada 13 daerah itu, memang kata dia, partainya tak memiliki satu pun calon legislatif (caleg).

"Jadi, cocok mi karena memang tidak adaji calegnya. Kalau memang batal, karena memang tidak ada calegnya," terang Suzanna saat dikonfirmasi lewat telepon selulernya, Sabtu (23/3/2019).

Suzanna menerangkan, alasan PKPI begitu banyak menerima sanksi pembatalan di kabupaten/kota, tidak lepas dari tahapan verifikasi parpol peserta pemilu. Dia mengakui, PKPI memang sempat dinyatakan tidak lolos verifikasi bersama PBB.

"Begitumi, penyebabnya, PKPI terakhir lolos. Begitu PKPI dinyatakan tidak lolos, pindah partai semua. Menyelematkan diri, tidak mau menunggu. Biar ketuanya lari juga. Tapi, yang ada calegnya, tidak ada masalah," pungkas Suzanna.

Selain PKPI, partai lain adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dua kabupaten, Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) tiga kabupaten/kota, Partai Berkarya dua kabupaten, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di satu kabupaten, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada dua kabupaten.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dua kabupaten, Partai Hanura satu kabupaten, Partai Bulan Bintang (PBB) tiga kabupaten.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif