alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

2 Ledakan Terjadi saat Hari Tani di Stadion Berisi Ribuan Orang

Kurniawan Eka Mulyana
2 Ledakan Terjadi saat Hari Tani di Stadion Berisi Ribuan Orang
LOKASI LEDAKAN. Dua ledakan terjadi di dalam stadion yang menjadi tempat pertunjukan pertanian di Afghanistan selatan menewaskan empat orang dan melukai 31 lainnya, kata pejabat pemerintah. Foto: Abdul Khaliq/AP

KABUL - Dua ledakan terjadi di dalam stadion yang menjadi tempat pertunjukan pertanian di Afghanistan selatan menewaskan empat orang dan melukai 31 lainnya.

Dilansir Aljazeera, Sabtu (23/3/2019), ledakan itu terjadi di Lashkar Gah, ibukota provinsi Helmand yang bergejolak, ketika orang-orang memperingati Hari Petani sebagai bagian dari perayaan Tahun Baru Persia, yang dihadiri oleh hampir 1.000 orang.

Situs web berita lokal Afghanistan TOLOnews melaporkan bahwa kepala ekonomi provinsi di Helmand, Mohammad Khan Nusrat, terbunuh dalam serangan itu. Gubernur Helmand juga di stadion tetapi tidak terluka.



Ledakan itu tampaknya disebabkan oleh bahan peledak yang ditempatkan di tenda-tenda yang disiapkan bagi petani untuk memajang produk mereka.

Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke media.

Dikatakan sasarannya adalah para pejabat tinggi Afghanistan dan mengklaim bahwa tidak ada warga sipil yang terluka dalam ledakan itu.

Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani mengutuk serangan itu.

"Para teroris adalah musuh masa depan dan perkembangan masyarakat yang cerah, mereka menyerang instalasi sipil, pertemuan, dan kesempatan untuk menyebarkan ketakutan dan kengerian, dan untuk menyembunyikan kekalahan mereka di medan perang," kata Ghani dalam sebuah pernyataan.

Serangan itu adalah salah satu dari beberapa yang terjadi, selama perayaan multi-hari Afghanistan untuk memperingati tahun baru tradisionalnya, dimulai dengan ledakan di ibu kota Kabul pada hari Kamis (21/3/2019).

Serangan-serangan itu menewaskan enam orang dan melukai 23 lainnya dan diklaim oleh negara Islam Irak dan kelompok Levant (ISIL atau ISIS).

Serangan hari Sabtu terjadi tepat satu tahun setelah sebuah bom mobil menewaskan sedikitnya 14 orang yang telah berkumpul untuk menyaksikan pertandingan gulat di Lashkar Gah.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads