alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kontes Reptil di Bone Hadirkan Juri dari Amerika Serikat

Supriadi Ibrahim
Kontes Reptil di Bone Hadirkan Juri dari Amerika Serikat
Peserta kontes reptil memperlihatkan ular yang diikutkan pada kontes ini yang berlangsung di Alun-alun Rumah Peninggalan Raja Bone (Bola Soba), Kabupaten Bone, Senin (25/03/2019). Foto: Supriadi Ibrahim/SINDOnews

WATAMPONE - Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bone ke-689, Komunitas Bone Pencinta Reptil (Boper) menggelar kontes reptil se-Sulsel yang berlangsung sehari, Senin (25/03/2019).

Berlangsung di Alun-alun Rumah Peninggalan Raja Bone (Bola Soba), kontes reptil ini dihadiri juri asal Amerika Serikat, Don Wells, dan juri asal Bali, Surya, serta juri asal Solata Reptil, Zulkadri.

"Kegiatan kontes reptil ini merupakan pertama kalinya yang diadakan di Bone sebagai ajang silatuhrahmi. Selain itu ini juga kegiatan kami masukkan sebagai salah satu rangkaian Hari Jadi Bone," kata Ketua Boper, Andrika Utama.



Selain itu, tujuan dilaksanakaannya kontes ini mengingat hewan reptil di Kabupaten Bone terbilang langkah. Jika ada, kata dia, kerap dibunuh, seperti ular dan biawak.

"Ular, Biawak atau reptil lainnya bukan hama. Ada penanganan khusus dan jangan dibunuh. Jikalau ada masyakat menemukan yang kami maksud itu bisa hubungi kami nanti kami yang tangani," pungkas Andrika.

Pada pelaksanaan kontes reptil ini, para juru akan menilai beberapa item, seperti penampilan hewan, kesehatan, serta motif yang ada di tubuh hewan.

Ada pun pesertanya berasal dari komunitas pecinta Ular, Kadal, Iguana, Biawak se-Sulsel.

"Kontes ini ada 4 kategori yakni, open phyton, open venom, open retic morph, open boa constrictor. Empat kategori itu memperebutkan juara pertama sampai ketiga dengan hadiah berupa tropi dan piagam penghargaan serta uang pembinaan untuk para pemenang," kata Ketua Panitia, Aulia Akbar.

"Untuk peserta yang hadir ada sekitar 50an pecinta reptil yang tersebar di Sulsel. Sementara untuk penilaiannya kami hadirkan juri dari Amerika Serikat," ucapnya.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads