alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Satpol PP Pangkep Mengaku Kekurangan Penyidik PPNS

Muhammad Subhan
Satpol PP Pangkep Mengaku Kekurangan Penyidik PPNS
Satpol PP Pangkep terus menimbau pada pemilik sapi agar tidak Berkeliaran di Jalan raya di Kabupaten Pangkep. Foto: Sindonews/Muhammad Subhan

PANGKEP - Sebagai instansi penegak peraturan paerah (Perda), Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pangkep terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada dilingkungan lembaga tersebut.

Namun dalam hal penegakan hukum perda yang memiliki konsekuensi pidana, Satpol PP Pangkep belum bisa berbuat banyak. Kepala Satpol PP Pangkep, Syamsuria mengatakan, kendala yang dihadapi lembaganya saat ini karena kekurangan penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS).

Saat ini, jumlah penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) yang ada di lingkungan Satpol PP sangat terbatas, karena hanya ada satu orang PPNS yang bertugas di Satpol PP Pangkep.



"Kami kesulitan menindak lanjuti jika ada pelanggaran perda. Kami hanya punya satu PPNS, itu juga untuk administrasi," ungkap Syamsuria, Senin (25/3/2019).

Ia mencontohkan kasus maraknya sapi berkeliaran di jalan beberapa waktu lalu. Untuk hal ini, Pemkab Pangkep sudah memiliki perda yang melarang. Syamsuria mengatakan, pihaknya beberapa kali menindak sapi yang berkeliaran namun karena tidak ada PPNS, beberapa kasus tak bisa diselesaikan.

"Jadi kami hanya bisa mengimbau saja. Untuk menindaklanjuti sampai ke ranah hukum tidak bisa," ucapnya.

Untuk itu, mantan Camat Liukang Tupabiring Utara ini sangat berharap PPNS yang mempunyai keahlian khusus yang ada di instansi lainnya bisa ditarik ke Satpol PP untuk membantu dalam penegakkan perda.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook