alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kasus Dana Hibah KPU Makassar, Polisi Sudah Periksa 28 Saksi

Vivi Riski Indriani
Kasus Dana Hibah KPU Makassar, Polisi Sudah Periksa 28 Saksi
Tim Penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel sudah memeriksa 28 saksi terhadap dugaan penyalagunaan dana hibah KPU Makassar. Foto: Ilustrasi

MAKASSAR - Sebanyak 28 saksi telah diperiksa Tim Penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel, dalam tahap penyidikan kasus dugaan penyimpangan dana hibah Pilwalkot Kota Makassar periode 2018-2023.

Jumlah itu dinilai penyidik sudah cukup untuk memberikan keterangan dan menguatkan, untuk ditingkatkan ke tahap selanjutnya yakni gelar perkara penetapan tersangka.

"Sudah ada 28 tersangka kita periksa, itu sudah cukup," kata Kasubdit III Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kompol Yudha Wiradjati.



Meski begitu, pihaknya belum menetapkan tersangka dalam perkara ini. Alasannya, tim pinyidik masih menunggu hasil perhitungan kerugian negara dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Belum ada tersangka, kita masih tunggu perhitungan kerugian negara," ucapnya.

Peneliti ACC Sulawesi, Anggareksa meminta tim penyidik untuk segera menetapkan tersangka dalam kasus penyimpangan dana hibah senilai Rp60 miliar tersebut.

Menurutnya, belum keluarnya perhitungan kerugian negara dari BPKP bukan menjadi alasan penyidik belum menetapkan tersangka. Sebab, syarat penetapan tersangka itu minimal dua alat bukti sementara status hukum kasus ini telah resmi naik ke tahap penyidikan dimana dua alat bukti sudah pasti dikantongi.

"Perhitungan BPKP itu hanya untuk menghitung kerugiannya, sehingga walaupun belum ada hasil perhitungan dari BPKP namun sudah ada minimal dua alat bukti maka sudah bisa ditetapkan tersangka," tegasnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook