alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kalapas Bulukumba Pimpin Langsung Sidak Blok Tahanan Narkoba

Eky Hendrawan
Kalapas Bulukumba Pimpin Langsung Sidak Blok Tahanan Narkoba
Petugas Lapas Bulukumba melakukan penggeledahan di blok tanahan narkotika pada sidak yang dilakukan Selasa, (26/03/2019). Foto: Sindonews/Eky Hendrawan

BULUKUMBA - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bulukumba, melakukan peningkatan pengawasan untuk mencegah masuknya barang terlarang di area kamar blok para warga binaan. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan melakukan sidak di blok-blok tahanan.

Kepala Lapas Kelas IIB Bulukumba, Sarippudin Nakku mengatakan, jika sasaran penggeledahan yang dilakukan terfokus pada blok tahanan narkotika. Bukan hanya ruangan, penggeledahan juga dilakukan kepada seluruh warga binaan yang terjerat kasus narkotika.

"Kita fokuskan ke blok narkoba karena disana sangat rawan terjadi pelanggaran. Tapi dari sekian kali kita lakukan penggeledahan, selalu nihil padal ini kita lakukan secara mendadak," katanya.



Sarippudin mengatakan bahwa, sidak yang dilakukan secara berkala di Lapas untuk mengantisipasi masuknya barang terlarang seperti narkotika, ponsel, benda tajam dan barang lainnya. Dimana penggeledahan yang dilakukan pihaknya sesuai dengan standart operating procedure (SOP).

"Pihak Kami dalam menggeledah selalu berpedoman pada prosedur, kami tidak mau warga binaan ada yang tersinggung dan merasa dirugikan," terangnya.

Saripuddin berharap, sidak secara rutin, satu kali dalam dua minggu, itu bisa menepis anggapan publik bahwa lapas Bukukumba Tidak bekerja secara maksimal.

“Razia mendadak ini kami gelar untuk mengantisipasi masuknya narkoba dan barang terlarang lainnya ke dalam lapas. Tak hanya penghuni yang digeledah, tapi juga ruangan para warga binaan untuk memastikan tidak ada satu pun barang terlarang masuk rutan,” harapnya.

Satu per satu warga binaan penghuni sel tahanan rutan ini diminta keluar dari ruangan tahanan sementara untuk diperiksa dan digeledah petugas.

Petugas tak hanya mencari barang terlarang seperti narkotika, namun juga barang berbahaya dan terlarang lainnya seperti senjata tajam atau ponsel. Sementara, para penghuninya juga digeledah sebelum diperkenankan kembali masuk ruangan.

Namun, dalam razia yang berlangsung tiga jam, petugas hanya menemukan beberapa barang,3 meter slan air,besi 40 cm, silet, cutter dan obat yang dianggap petugas tidak teralalu berbahaya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif