alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Roket OneSpace OS-M1 Buatan China Gagal Mengorbit

Kurniawan Eka Mulyana
Roket OneSpace OS-M1 Buatan China Gagal Mengorbit
ILUSTRASI ROKET CHINA. Sebuah roket yang dikembangkan oleh OneSpace gagal mencapai orbit setelah lepas landas dari barat laut Cina, media pemerintah melaporkan pada hari Kamis (28/3). Foto: Istimewa

BEIJING - Sebuah roket yang dikembangkan oleh OneSpace gagal mencapai orbit setelah lepas landas dari fasilitas peluncuran negara, di barat laut Cina, media pemerintah melaporkan pada hari Kamis (28/3/2019).

Kegagalan tersebut merupakan peluncuran orbital kedua yang gagal oleh perusahaan China yang didanai swasta dalam lima bulan.

Dilansir Reuters, sebuah anomali terjadi dalam "puluhan detik", setelah roket OneSpace OS-M1 meledak dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan pada hari Rabu, lapor Technology Daily, yang menyatakan bahwa peluncuran itu gagal.



Roket OneSpace membawa satelit pengamat bumi Lingque-1B yang dikembangkan oleh ZeroG Lab yang berbasis di Beijing. Pembuat satelit, sebagian didanai oleh Huaxun Fangzhou Co yang terdaftar di Shenzhen, memiliki rencana untuk membangun jaringan satelit penginderaan jauh.

Rekaman dari situs peluncuran, yang secara luas dibagikan di media sosial Cina, menunjukkan roket itu kehilangan kendali dalam satu menit lepas landas. Reuters tidak dapat memverifikasi video secara independen.

Seorang pejabat hubungan masyarakat di OneSpace yang berbasis di Beijing tidak mengkonfirmasi atau menyangkal bahwa peluncuran itu gagal. Pejabat itu mengatakan dia sedang menunggu kabar dari situs peluncuran di provinsi Gansu dan bahwa pernyataan perusahaan dapat diharapkan nanti.

Puluhan perusahaan ruang angkasa swasta Cina telah berlomba untuk mengembangkan roket, yang mampu memberikan satelit mikro berbiaya rendah dengan aplikasi komersial, yang didukung oleh sebagian besar modal ventura China.

Pada Mei 2018, OneSpace menjadi perusahaan swasta pertama yang mengirim roket yang dikembangkan secara independen ke luar angkasa. Itu diikuti oleh peluncuran suborbital yang sukses oleh perusahaan lain, iSpace, empat bulan kemudian.

Langkah selanjutnya adalah mengirim muatan ke orbit.

Landspace yang berbasis di Beijing berusaha mengirimkan satelit ke orbit pada bulan Oktober tetapi gagal.

Dorongan oleh perusahaan swasta Cina untuk mengirim muatan ke orbit sebagian terinspirasi oleh keberhasilan perusahaan AS, seperti SpaceX dan Blue Origin, menyusul serangkaian kemunduran rekayasa.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook