alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Listriki Desa di Wilayah Sulsel, PLN Gelontorkan Rp300 Miliar

Suwarny Dammar
Listriki Desa di Wilayah Sulsel, PLN Gelontorkan Rp300 Miliar
Petugas PLN saat melakukan pemasangan travo di Dusun Bonne Desa Ulu Saddang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Foto: Istimewa

PINRANG - PT PLN Sulselrabar terus menggenjot rasio elektrifikasi listrik yang ada di sejumlah desa khsusunya di Sulsel. Untuk tahun ini, secara khusus dianggarkan dana Rp300 miliar demi melistriki desa hingga dusun.

Menurut Manager Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan Listrik Desa Sulsel, Syaifuddin, komitmen perseroan untuk mencapai target 100% rasio elektrifikasi listrik di desa terus dilakukan, meski kadang kala terkendala dengan akses menuju lokasi.

Makanya, pada setiap lokasi yang rencana dilakukan pembangunan senantiasa melibatkan masyarakat setempat dan stakeholder terkait lainnya. Karena, kebanyakan terkendala masalah akses mengangkut material ke lokasi.



Makanya, tidak jarang ada beberapa material harus diangkut bersama dengan jalan kaki puluhan kilometer (km) hingga mengangkut material menggunakan jalur sungai dengan memanfaatkan transportasi katinting.

“Tahun ini untuk mempercepat pembangunan listrik desa khususnya di Sulsel dianggarkan Rp300 miliar untuk 240 desa hingga dusun, dimana jumlah tersebut lebih rendah dari tahun lalu mencapai Rp500 miliar yang berarti jumlah desa yang sudah dilistriki semakin bertambah,” tuturnya.

Syaifuddin mencontohkan, salah satunya desa yang sedang fokus dipercepat pembangunan listriknya, yakni Dusun Bonne Desa Ulu Saddang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang.

Di desa ini semangat warganya sangat tinggi membantu percepatan pemasangan material, makanya dari awal direncanakan 2018 beberapa material sudah masuk di tahun ini.

“Kami harapkan sebelum Ramadan semuanya sudah bisa memanfaatkan listrik PLN, apalagi saat ini mereka mengandalkan listrik dari swadaya memanfaatana kincir angin yang tidak optimal,” paparnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook