alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Empat Tahun Gempur ISIS, 1.257 Warga Sipil Terbunuh

Tim Sindonews
Empat Tahun Gempur ISIS, 1.257 Warga Sipil Terbunuh
Ilustrasi/SINDOnews

DAMASKUS - Korban tewas dalam perang terhadap ISIS di Irak dan Suriah selama periode lebih dari empat tahun mencapai angka 1.250 orang. Mereka tewas dalam 34.038 serangan udara dengan dominasi warga sipil.

Dalam rilis resmi Koalisi Amerika Serikat (AS), menyatakan korban tewas sipil dari periode antara saat kampanye udara dimulai pada Agustus 2014 hingga Februari tahun ini.

Rilis itu hanya beberapa hari setelah Pasukan Demokratik Suriah (SDF) pimpinan Kurdi yang didukung AS mengumumkan bahwa mereka mengalahkan ISIS di wilayah terakhir yang dikuasai di Suriah di desa Baghouz dekat perbatasan Irak.



"Kami terus menggunakan proses penargetan dan penyerangan yang menyeluruh dan disengaja untuk meminimalkan dampak operasi kami pada populasi sipil dan infrastruktur," bunyi pernyaataan koalisi AS seperti dikutip dari Asharq Al-Awsat, Jumat (29/03/2019).

Pernyataan itu menambahkan bahwa jumlah korban tewas itu berdasarkan informasi yang tersedia untuk koalisi.

Pasukan Demokrat Suriah (SDF), yang dipimpin Kurdi, mengatakan ISIS telah berhasil dikalahkan dari kantong terakhir mereka di wilayah Baghouz, Suriah. Kelompok yang didukung oleh AS itu menyatakan akhir dari kekhalifahan yang dideklarasikan sendiri yang pernah mencakup sepertiga dari Irak dan Suriah.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook