alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Darije Sebut Formasi Ini Sangat Cocok Diterapkan di Skuad PSM

Muhaimin
Darije Sebut Formasi Ini Sangat Cocok Diterapkan di Skuad PSM
Skema 4-2-3-1 menjadi favorit pelatih PSM Darije Kalezic.Foto : Istimewa

MAKASSAR - Skema 4-2-3-1 menjadi favorit pelatih PSM Darije Kalezic. Formasi yang hanya mengandalkan satu pemain sebagai target man di lini depan ini, diterapkan Darijie di semua pertandingan selama menukangi PSM.

Ibaratnya, skema ini memang sudah menjadi pakem pelatih berusia 49 tahun tersebut. Darije mengklaim, skema tersebut sangat cocok diterapkan pada tim seperti PSM.

"Mayoritas kualitas pemain kita memang cocoknya di formasi itu,” ungkap Darije kepada SINDOnews.



Menurut Dia, dari tujuh pertandingan selama menukangi PSM dengan menerapkan formasi 4-2-3-1, Darije menciptakan catatan yang seimbang. Tiga kali meraih kemenangan, sekali imbang dan tiga kali menelan kekalahan.

Seluruh catatan minornya ditelan saat berlaga di Piala Presiden. Turnamen yang memang tak diseriusi Darije.

Selain karena faktor kualitas pemain, Darije juga menyebut formasi 4-2-3-1 sudah mendarah daging di skuad PSM saat ini. Lantaran Robert Alberts yang dulunya melatih Juku Eja, juga kerap menerapkan skema ini.

“Pelatih sebelumnya kerap menggunakan formasi ini. Dan saya juga berpikir sama dengan dia (Robert). Serta PSM juga lebih mengenal formasi ini dibanding yang lain,” jelasnya.

Dengan formasi 4-2-3-1, risiko kalah duel di lini tengah pun dapat ditekan. Pasalnya, mereka yang ada di posisi '3' punya fleksibilitas untuk turun membantu saat tidak menguasai bola. Namun, itu pun tak harus ketiga-ketiganya. Cukup salah satu atau dua saja.

Meski begitu, formasi ini juga disebutnya punya kelemahan. Dimana, skema ini bisa sangat menguras energi pemain.

Darije berjanji akan mengganjar kepercayaan manajemen dengan meraih prestasi bersama PSM. “Saya datang ke sini untuk memenangkan tropi,” tegasnya.

Harapan kepada Darije sebagai juru taktik baru untuk mengembalikan kejayaan PSM memang amat besar. Mengingat tropi Liga Indonesia sudah tak lagi menyambangi Kota Makassar sejak 18 tahun silam.

Ketua Komunitas Dottoro Suporter (KDS) PSM, Dr Accang berharap Darije bisa membawa satu tropi diantara tiga turnamen yang telah dan akan diikuti Juku Eja. Yakni Piala Indonesia, AFC Cup, dan Liga 1 2019.

“Khusus AFC Cup, mungkin kita tidak terlalu berharap karena sulitnya persaingan di turnamen ini. Namun Piala Indonesia dan Liga 1 wajib juara. Sebab peluang PSM sangat terbuka lebar,” harapnya.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads