Dukung UKM Produktif, PLN UIW Sulselrabar Resmikan 2 Rumah BUMN

Rabu, 18 November 2020 - 11:07 WIB
loading...
Dukung UKM Produktif, PLN UIW Sulselrabar Resmikan 2 Rumah BUMN
Peresmian rumah BUMN binaan PLN di Muna dan Muna Barat. Foto: Dokumentasi PLN
A A A
MUNA BARAT - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (Sulselarabar) meresmikan dua rumah BUMN binaan PLNdi Muna dan Muna Barat. Peresmian ini merupakan bagian dari komitmen PLN mendukung pelaku UKM dalam mengembangkan usaha kecil mikro dan menengah serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Untuk rumah BUMN Muna berlokasi di Jalan Dokter Sutomo Raha, depan rujab polres. Sedangkan rumah BUMN Muna Barat berlokasi di Jalan Poros Pondasi tak jauh dari kantor Pelayanan Tikep.



Hadir dalam kesempatan tersebut, Senior Manager SDM & Umum, Mundhakir, Manager PLN UP3 Baubau, Agus Susanto serta Sekda Kab. Muna Barat, Laode Muhammad Husein Tali.

“Rumah BUMN Muna dan Muna Barat diharapkan dapat menjadi wadah untuk para pelaku UMKM untuk mengembangkan kualitas usaha berbekal pelatihan yang berjenjang dan terstruktur sesuai kebutuhan masing-masing serta menjadi sentra edukasi dan digitalisasi usaha para pelaku UMKM di wilayah Muna dan Muna Barat," ujar Mundhakir dalam siaran persnya kepada SINDOnews, Rabu (18/11/2020).

Tumbuhnya UMKM di bawah payung rumah BUMN Muna dan Muna Barat ini kata dia nantinya akan berdampak positif pula pada ekonomi masyarakat setempat.

Diresmikannya rumah BUMN binaan PLN melalui PLN peduli ini sejalan dengan rencana pemerintah daerah dalam upaya digitalisasi usaha UMKM, utamanya dalam mempromosikan produk maupun jasa lokal.

"Dukungan dari dinas terkait lainnya pun menjadi sangat berarti untuk memajukan UMKM yang berada di bawah naungan rumah BUMN Muna Barat ini,” jelas Sekda Kab. Muna Barat, Laode Muhammad Husein Tali.

RKB Muna dan Muna Barat yang dikelola oleh PLN UIW Sulselrabar untuk melakukan program pembinaan, pendampingan usaha, pelatihan rutin dan pengelolaan ruang pameran produk yang merupakan serangkaian kegiatan untuk menambah pengetahuan serta keterampilan para pelaku UMKM dalam mendorong perkembangan usahanya.



Peresmian rumah BUMN Muna Barat disambut baik oleh para pelaku UMKM dan masyarakat setempat. Mereka mengaku terbantu dengan kehadiran Rumah BUMN dan berharap diberikan pelatihan guna meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan dan pariwisata yang ada di Selayar.

“Dengan adanya rumah BUMN PLN ini, akan membantu kami dalam pemasaran produk UMKM. Mudah-mudahan kedepannya ada program dari rumah BUMN yang berupa pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada UMKM, unthk membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pelaku UMKM yang tergabung dalam rumah BUMN ini,” ungkap Surahman, salah satu pelaku bisnis percetakan dan VCO di Muna Barat.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2109 seconds (0.1#10.140)