Siswa SMA Kartika Makassar Raih Perak di Ajang AHM Best Student 2020

Rabu, 18 November 2020 - 13:18 WIB
loading...
Siswa SMA Kartika Makassar Raih Perak di Ajang AHM Best Student 2020
Rezky Dwisantika Pujiastuti, siswa SMA Kartika XX-1 Makassar yang menyabet medali perak di ajang AHM Best Student 2020. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Rezky Dwisantika Pujiastuti, siswa SMA Kartika XX-1 Makassar berhasil menyabet medali perak di ajang Astra Honda Motor (AHM) Best Student 2020. Rezky merupakan perwakilan Astra Motor Sulawesi Selatan di ajang yang melibatkan 847 siswa SMA/SMK/MA/MAK se-Indonesia tersebut.

Pada gelaran AHM Best Student 2020, Rezky menawarkan inovasi berupa aplikasi yang memudahkan generasi milenial dalam membaca buku layaknya di perpustakaan. Selain memudahkan penggunanya dalam meminjam buku, aplikasi bernama café book ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat baca generasi muda Indonesia.



"Alhamdulillah, saya sangat berterimakasih kepada AHM dan Asmo Sulsel yang telah memberikan wadah bagi saya untuk menularkan ide dan gagasan untuk dilombakan. Saya juga belajar banyak dari masukan dewan juri AHM Best Student yang sangat menginspirasi dan membangun. Semoga karya saya bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan bersama kita bisa membangun Indonesia menjadi bangsa modern yang maju," ujar Rezky Dwisantika.

Adapun medali emas AHM Best Student 2020 disabet oleh M Rafhi Rihadatusyawal, siswa SMK Mitra Industri MM2100 Jawa Barat, Susilowati S dari SMA Negeri 1 Jayapura Papua, Salsabila Tri Rahmi dari SMA Negeri 1 Sitiung Sumatera Barat, Theresia Febriana Meo dari SMK Negeri 5 Berau Kalimantan Timur, serta I Putu Evan Priya Saguna dari SMA Negeri 4 Denpasar.

Hasil karya terbaik AHM Best Student 2020 ini berhasil meraih predikat juara berdasarkan penilaian terhadap kekreativitasan gagasan, dampak yang dihasilkan, kemungkinan keberhasilan penerapan, kekuatan penyajian data dan sumber informasi, serta kemampuan presentasi yang dimiliki. Apresiasi tinggi diberikan kepada para pemenang pada ajang seminar inspirasi dan penganugerahan AHM Best Student pada Sabtu 13November 2020.



General Manager Corporate Communication AHM , Ahmad Muhibbuddin mengatakan, AHM Best Student tahun ini dikemas berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bertema Satu Hati Menuju Indonesia Maju, AHM Best Student 2020 memilliki lima kategori perlombaan yang meliputi tema pendidikan, lingkungan, kesehatan, ekonomi, serta inovasi di bidang teknologi. Keberagaman kategori ini memberi ruang lebih banyak bagi para siswa dengan berbagai minat ilmu untuk berkreasi dalam kompetisi ini, sehingga menjadikannya lebih komprehensif sekaligus menantang.

“AHM Best Student 2020 melahirkan harapan baru bagi masyarakat dalam hal karya yang kreatif, cerdas dan bermanfaat. Kami ingin mengapresiasi anak-anak milenial yang kreatif dan tetap produktif meskipun di masa pandemi ini. Karya anak-anak ini tidak hanya bermanfaat bagi mereka saja, namun juga berdampak untuk sesama,” ujar Muhibbuddin.

Para pemenang AHM Best Student 2020 berhak mendapatkan beasiswa dengan total lebih dari Rp100 juta. Bagi 5 peserta peraih predikat gold masing-masing mendapatkan beasiswa sebesar Rp10 juta. Selain itu, terpilih 7 peserta peraih predikat silver yang masing-masing mendapatkan Rp1,5 juta. AHM Best Student 2020 juga memberikan apresiasi bagi 42 siswa peraih predikat bronze dengan beasiswa masing-masing sebesar Rp 1 juta.



Memasuki tahun pelaksanaan ke-18, AHM Best Student 2020 terus disempurnakan untuk memberi manfaat lebih bagi peserta maupun penerima manfaat di sekitarnya. Pada tahun ini, AHM Best Student hadir dengan konsep pelaksanaan baru yang menyesuaikan dengan proses pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di dunia pendidikan saat ini. Keseluruhan proses kompetisi mulai dari sosialisasi, seleksi, kegiatan pengayaan ilmu, hingga penganugerahan pemenang dilakukan secara daring.

Pengujian dimulai dengan seleksi karya tulis siswa berdasar tema yang mereka pilih dan kuasai. Peserta dengan karya tulis yang kreatif dan inovatif berkesempatan melakukan seleksi presentasi yang dilakukan daring secara bertahap mulai dari main dealer, area regional, hingga seleksi final di tingkat nasional dengan juri-juri profesional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, PPM School of Management, dan perwakilan manajemen AHM.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)