alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bupati Tolak Permintaan KPU untuk Libatkan ASN Jadi Anggota KPPS

Eky Hendrawan
Bupati Tolak Permintaan KPU untuk Libatkan ASN Jadi Anggota KPPS
BUPATI BULUKUMBA. Bupati Bulukumba, Sukri A Sappewali, menolak permintaan KPU Bulukumba untuk melibatkan ASN menjadi bagian dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Foto: SINDOnews/Eky Hendrawan

BULUKUMBA - Bupati Bulukumba, Sukri A Sappewali, menolak permintaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba untuk melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi bagian dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Sukri berpendapt, perekrutan ASN sebagai anggota KPPS merupakan pelanggaran aturan. "Soal perekrutan ASN sebagai anggota KPPS sama saja melanggar aturan. Di mana ASN tidak dibisa jadi penyelenggara pemilu karena sudah ada tugas dari negara," tegasnya.

Sukri meminta agar KPUD Bulukumba mencari masyarakat yang tidak berstatus sebagai ASN. Terlebih dia meyakini bahwa banyak masyarakat yang berkeinginan untuk menjadi bagian dari penyelenggara Pemilu 2019 kali ini.



"Cari masyarakat yang bukan ASN yang tidak terikat oleh negara, masih banyak masyarakat yang mau bergabung jadi penyelenggara. Jangan ikutkan ASN karena kita menambarak aturan jika di libatkan," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Bulukumba, Kaharuddin, mengaku bahwa permohonan pelibatan ASN tersebut telah disepakati oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah saat menggelar rakor tingkat provinsi beberapa waktu lalu.

"Siapa bilang ditolak, pengajuan itu sudah disetujui oleh Gubernur dan didengar langsung oleh seluruh Bupati yang hadir. Jadi ini perlu diluruskan biar tidak menjadi issu yang mengganggu penyelenggaraan," paparnya, Kamis (4/4/2019).

Kaharuddin menjelaskan bahwa keterlibatan ASN sebagai penyelenggara tidak melanggar hukum. Menurutnya pada proses penyelenggaraan sebelumnya, KPUD juga telah melibatkab sejumlah ASN sehingga tidak perlu dipersoalkan.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook