alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Wakil Ketua DPRD Gowa Dicoret Dari Daftar Caleg, PAN Sulsel Dirugikan

Luqman Zainuddin
Wakil Ketua DPRD Gowa Dicoret Dari Daftar Caleg, PAN Sulsel Dirugikan
KPu Gowa mencoret Wakil Ketua DPRD Gowa Abdul Haris Tappa setelah divonis melanggar pidana pemilu. Foto: Sindonews/Ilustrasi

MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa, mencoret nama Abdul Haris Tappa sebgai Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari Partai Amanat Nasional (PAN), Kamis (4/3/2019).

KPU mengeluarkan keputusan itu menyusul putusan Pengadilan Negeri (PN) Gowa, yang memvonis Haris Tappa bersalah dalam perkara pelanggaran Pemilu karena menggunakan fasilitas negara saat berkampanye.
Pengadilan menjatuhkan hukuman pidana kurungan satu bulan, serta denda lima juta rupiah subsider satu bulan penjara.

Atas kejadian itu, DPW PAN Sulsel menyebut hal itu sebagai kerugian ke partainya. Apalagi, Haris Tappa adalah Caleg petahana, yang saat ini duduk sebagai wakil ketua DPRD kabupaten Gowa.



"Kalau dia dicoret, itu merugikan (partai)," terang sekretaris DPW PAN Sulsel, Jamaluddin Jafar saat dikonfirmasi SINDOnews lewat sambungan selulernya, Kamis (4/4/2019).

Walau memang, Jafar mengakui jika informasi soal pembatalan kepesertaan Haris Tappa dalam Pemilu belum sampai ke DPW PAN Sulsel.

Kendati demikian, Jafar menyebut jika pengurus di provinsi bakal secepatnya berkoordinasi dengan tim pencalegan. Apakah, akan ada langkah hukum yang bisa dilakukan atau tidak.

"Saya baru tahu beritanya, kita coba nanti untuk hubungi tim pencalegan, nanti kita coba untuk bagaimana melihat alur masalahnya. (Tapi) Kalau memang itu keputusan pengadilan, tidak ada yang bisa. Karena bagaimana pun juga itu jalan terakhir," pungkas anggota DPRD Sulsel itu.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook