alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hatta Rahman akan Bangun Pipa Saluran Air Sepanjang 15 Kilometer

Najmi Limonu
Hatta Rahman akan Bangun Pipa Saluran Air Sepanjang 15 Kilometer
Bupati Maros, Hatta Rahman. Foto : Istimewa

MAROS - Pemerintah Kabupaten Maros akan membangun pipa saluran air sepanjang 15 kilometer. Pipa ini nantinya akan melintasi kecamatan Turikale sampai ke kecamatan Bontoa.

Bupati Maros, Hatta Rahman menjelaskan, pihaknya akan memasimalkan aliran air ke Bontoa, karena selama ini, warga Bontoa kerap mengalami krisis air bersih disaat musim kemarau.

Untuk menjalankan program tersebut, Hatta Rahman tidak melibatkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bantimurung, sebagai perusda yang menangani masalah air bersih di Maros.



Namun Hatta Rahman menyerahkan tugas tersebut ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyak (PUPR) Kabupaten Maros. Nantinya kata Hatta PUPR akan menggunakan empat booster. Alat tersebut akan mempercepat aliran air sampai ke Bontoa.

"Pada program pembangunan dan pengelolaan air, Pemkab tidak melibatkan lagi PDAM Maros. Dinas PU yang ditugaskan mengurus krisis air di daerah pesisir," jelas Rahman.

Menurutnya, pengelolaan air bersih akan lebih maksimal jika diambil alih oleh Dinas PUPR. Pemkab akan leluasa mengucurkan anggaran, jika PUPR. Sementara, jika PDAM, Pemkab tidak memiliki kewenangan maksimal. Pasalnya, PDAM bukan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab.

"Pembangunan pipa segera kami lakukan. Semoga nantinya, warga tidak kewalahan lagi mendapat air bersih saat musim kemarau," harapnya.

Untuk merealisasikan pipanisasi tersebut Pemkab akan mengucurkan anggaran sekitar Rp5 miliar.

Ketua DPRD Maros AS Chaidiri Syam menanggapi positif program tersebut. Dia berharap program ini bisa berjalan lancar. Pasalnya memang warga di daerah tersebut memang sering dilanda krisis air di saat musim kemarau.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook