alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Diperiksa, BPD Prabowo Bantah Libatkan Anak dan Atribut Golkar

Luqman Zainuddin
Diperiksa, BPD Prabowo Bantah Libatkan Anak dan Atribut Golkar
Juru Bicara Badan Pemenangan Daerah (BPD) Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno Sulsel, Sawaluddin Arief. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Juru Bicara Badan Pemenangan Daerah (BPD) Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno Sulsel, Sawaluddin Arief memenuhi panggilan klarifikasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Makassar.

Sawaluddin datang untuk mengklarifikasi dua dugaan pelanggaran pada kampanye akbar Prabowo Subianto di Lapangan Karebosi, Minggu 24 Maret yang lalu. Masing-masing dugaan pelanggaran itu yakni pelibatan anak-anak dan atribut partai di luar partai pengusung.

Politikus Gerindra itu datang di sekretariat Bawaslu Makassar di jalan Anggrek pukul 09.59 dan keluar sekira pukul 12.00 WITA.



"Ada sekitar 17 pertanyaan. Tapi, hanya 2 pertanyaan intinya. Pertama, tentang pelibatan anak-akan di dalam kampanye akbar. Kemudian yang kedua, pelibatan bendera partai lain di luar dari partai pengusung," ucap Sawaluddin usai memberikan klarifikasinya.

Selama memberikan klarifikasi, Sawaluddin mengaku membantah tuduhan pelanggaran yang dialamatkan ke BPD Prabowo-Sandi. Menurut dia, saat kampanye akbar dilakukan, sama sekali tidak ada pelibatan anak-anak.

"Kami partai Gerindra sangat paham Undang-undang, paham aturan, sangat mengerti tentang PKPU, sehingga apa yang kami pahami, apa yang kami ketahui, tidak perlu kami buatkan lagi informasi secara tertulis. Bahwa pelibatan anak-anak itu dilarang, yah memang kami paham. Sehingga tidak ada anak-anak," pungkas dia.

Sementara soal tudingan pelibatan atribut partai lain, dalam hal ini bendera partai Golkar, Sawal, sapaannya mengaku tak tahu menahu. Menurut dia, ada ribuan massa yang hadir saat kampanye akbar. Ribuan orang itu kata dia membawa atribut-atribut partai pengusung.

"Ada 120 ribu orang bawa bendera, tidak bisa dideteksi," katanya.

Sawal menyebutkan, selama memberikan klarifikasi, Bawaslu memperlihatkan sejumlah bukti foto yang menguatkan dugaan pelanggaran yang dialamatkan kepada BPD. Salah satunya, foto dari atribut partai Golkar yang dikibarkan tak jauh dari panggung kampanye.

"Sehingga kesimpulan kami, kepada Bawaslu, silakan diproses lebih lanjut kami siap datang lagi ketika dibutuhkan. Bahwa di foto dan video sangat jelas orangnya siapa dia, sehingga saya sarankan untuk dipanggil," pungkas dia.

Sekadar diketahui, pemanggilan BPD Prabowo-Sandi Sulsel ini merupakan kali ke dua. Pada pemanggilan pertama, pekan lalu, tim pemenangan Capres 02 itu, mangkir.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook