TOPIK TERPOPULER

Gojek dan Wagub Sulsel Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Lantebung

Marhawanti Sehe
Gojek dan Wagub Sulsel Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Lantebung
Penanaman bibit mangrove di Lantebung yang diinisiasi Gojek Indonesia. Kegiatan tersebut dihadiri Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Foto: Dokumentasi Gojek

MAKASSAR - Gojek dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman menanam 1.000 bibit pohon mangrove di kawasan ekowisata Lantebung, Jumat (19/11/2020).

Kegiatan sosial ini digelar dalam rangka perayaan Hari Pohon Sedunia yang jatuh pada tanggal 21 November setiap tahun. Aksi peduli lingkungan ini juga sebagai salah satu bentuk komitmen Gojek untuk memperluas dampak sosial positif di masyarakat termasuk pada lingkungan hidup.



Baca juga: Menakar Keuntungan Investasi Telkomsel di Gojek

Inisiatif penanaman bibit mangrove ini berawal dari konsep "Kopi Darat", pertemuan rutin mitra Gojek Makassar dengan manajemen, yang dikonversikan dalam bentuk bibit pohon. Mitra Gojek Makassar yang ikut serta dalam kopi darat menyumbang 1 bibit pohon mangrove sehingga berhasil terkumpul 1.000 bibit.

Selain Wakil Gubernur Sulsel, kegiatan ini turut dihadiri juga oleh Kapolsek Tamanlanrea, Kompol Muhammad Aris, Senior Associate Government Relation Gojek, Mohammad Khoimeny, District Operations Manager Gojek Makassar Kurniawan, Ketua Yayasan Konservasi Laut Nirwan Dessibali, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Duta Wisata Sulawesi Selatan, Mitra Gojek, Ikatan Keluarga Lantebung beserta Muspida dan Muspika terkait.

Head of Regional Corporate Affairs Gojek Indonesia Timur, Mulawarman mengatakan, Gojek percaya bahwa kolaborasi teknologi menjadi kunci penting untuk menjembatani setiap kebutuhan masyarakat. Gojek terus menciptakan dampak positif yang lebih luas melalui berbagai inisiatif, termasuk di bidang lingkungan.

Baca juga: Sinergi Dua Super-apps Karya Anak Bangsa Bakal Perkuat Ekosistem Digital



"Selain itu, mitra-mitra Gojek Makassar juga memiliki kepedulian yang sama dengan turut berpartisipasi di dalam kegiatan ini di sela-sela kesibukannya untuk beroperasional demi pelestarian lingkungan hidup," kata Mula, sapaan akrabnya, Jumat (19/11/2020).

Dalam rangka mendorong gaya hidup peduli lingkungan, Gojek sebelumnya berkolaborasi dengan startup di bidang lingkungan hidup Jejak.In, Gojek luncurkan fitur baru GoGreener Carbon Offset di aplikasi Gojek sebagai pilihan yang memudahkan pengguna untuk menyerap jejak karbon (carbon footprint) yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari inisiatif pada bulan September 2020 lalu.

Di tahun sebelumnya, Gojek juga meluncurkan #GoGreener pada September 2019, yang memberikan pilihan bagi konsumen untuk mengurangi konsumsi plastik sekali pakai. Melalui inovasi tersebut, hingga Agustus 2020, Gojek berhasil mengurangi penggunaan 3 juta alat makan sekali pakai, setara 10,3 ton plastik. Pada layanan transportasi, Gojek dan Astra telah berkolaborasi menjalankan uji coba penggunaan motor listrik di Indonesia.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pihaknya sangat mendukung upaya kolaborasi masyarakat dalam pengembangan hutan kota di Makassar.

Baca juga: Keputusan Telkomsel Masuk Gojek Dinilai Momentum yang Tepat

"Kami sangat senang semakin banyak pihak yang difasilitasi oleh Gojek untuk menghadirkan gebrakan positif di masyarakat. Inisiatif seperti ini menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyelamatkan lingkungan. Kami berharap kedepannya akan muncul inovasi-inovasi teknologi baru di bidang lingkungan," ujarnya.

"Semoga dengan adopsi pohon dari Gojek dan mitranya, wilayah Lantebung dapat semakin tertata sehingga menarik wisatawan untuk datang. Tentunya kegiatan ini mendukung program pemerintah untuk menjadikan wilayah Lantebung sebagai area wisata,” tambah Andi Sudirman.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!