TOPIK TERPOPULER

Siloam Hospitals Hadirkan Tes Cepat Molekuler Sensitifitas Tinggi

Marhawanti Sehe
Siloam Hospitals Hadirkan Tes Cepat Molekuler Sensitifitas Tinggi
Suasana press conference virtual yang digelar Siloam Hospitals Group, terkait Tes Cepat Molekuler Abbott ID Now, Jumat, (19/11/2020). Foto: Istimewa

MAKASSAR - Hasil tes pasien yang diduga terinfeksi COVID-19 kini bisa diketahui hanya dalam waktu lima menit saja. Biasanya dibutuhkan waktu hingga beberapa jam bahkan beberapa hari untuk mengkonfirmasi hal tersebut setelah tes dilakukan.

Hasil tes yang bisa diperoleh dengan cepat tersebut disediakan oleh Siloam Hospitals yang baru saja menghadirkan teknologi terbaru di semua unitnya yang tersebar di seluruh Indonesia, yaitu Tes Cepat Molekuler Abbott ID Now.



Deputy President Director Siloam Hospitals Group, Caroline Riady mengatakan, Tes Molekuler Isotermal ini memungkinkan hasil tes diketahui hanya dalam waktu lima menit jika positif dan 13 menit jika negatif. Selain itu, teknologi ini juga memiliki performa tinggi yaitu sensitifitas mencapai 95% dan spesifisitas 97%.

Baca Juga: Siloam Hospital Semarang Gelar Webinar Kehamilan Sehat di Masa Pandemi

Caroline Riady menjelaskan, swab test atau PCR memang menjadi golden standar karena tingkat akurasi yang sangat tinggi, tapi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil tesnya. Berbeda dengan Tes Molekuler Isotermal ini yang tetap memberikan performa tinggi dan hasil dapat diketahui dalam waktu yang sangat singkat.

"Ada satu keunggulan dari tes molekular isotermal yang dilakukan mesin Abbot ID Now ini, yaitu waktu proses yang sangat cepat sekali sesuai dengan petunjuk dari manufacture, jika hasil positif 5 menit dan hasil negatif dalam 13 menit," papar Caroline dalam press conference virtual, Jumat, (19/11/2020).

Nah, bagi yang ingin mendapatkan layanan testing ini, Siloam Hospitals menawarkan harga senilai Rp1,299 juta per pasien dan Rp900 ribuan jika pemeriksaan dilakukan pada 10 orang atau lebih.



Menurut Caroline, teknologi Abbott ID Now ini penting untuk dihadirkan karena adanya transisi di mana masyarakat kembali beraktivitas di new normal yang menyebabkan terjadi interaksi yang lebih masif sehingga potensi terpapar virus semakin besar.

Baca Juga: RS Siloam Manado Gelar Webinar Penyakit Pengapuran Sendi

Untuk itu, dibutuhkan teknologi yang memiliki performa tinggi dan bisa memberikan hasil yang jauh lebih cepat untuk mendukung masyarakat bisa beraktivitas dengan nyaman dan aman. Selain itu, Siloam Hospitals juga senantiasa berupaya memberikan kontribusi untuk mengakhiri pola penyebaran COVID-19.

"Menjawab kebutuhan ini, sebagai penyedia layanan kesehatan yang inovatif di Indonesia, kami meluncurkan layanan tes diagnostik molekuler terbaru dengan performa tinggi yaitu tes molekuler isotermal," kata Caroline.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!