Putri Terakhir Irak Meninggal, Saksi Kekacauan dalam Sejarah Timur Tengah

Senin, 11 Mei 2020 - 11:27 WIB
loading...
Putri Terakhir Irak Meninggal, Saksi Kekacauan dalam Sejarah Timur Tengah
Putri Badiya binti Ali, putri terakhir monarki Irak, meninggal di usia 100 tahun di London, Sabtu (9/5/2020). Foto/Wikimedia Commons
A A A
LONDON - Putri Badiya binti Ali, putri terakhir monarki Irak meninggal dalam usia 100 tahun di London pada Sabtu pekan lalu. Dia adalah saksi kekacauan dalam sejarah Timur Tengah termasuk kudeta yang menewaskan banyak anggota keluarganya.

Kudeta monarki Irak pecah 14 Juli 1958. Putri Badiya berhasil selamat hingga akhirnya mengasingkan diri di London. Sebelum meninggal, dia tercatat sebagai satu-satunya putri monarki Irak yang masih hidup.

Setelah beberapa tahun kudeta berlalu, Putri Badiya bercerita tentang pemberontakan berdarah tersebut. Dia kala itu bercerita dengan menangis. Dia menyaksikan dengan ketakutan dari balkon sebuah bangunan di Baghdad ketika asap membumbung tinggi dari Istana Rihab pada 14 Juli 1958.

Kematiannya menandai berakhirnya babak kekacauan dalam sejarah Timur Tengah yang membawanya dari masa kanak-kanak di Makkah ke istana-istana megah di ibu kota wilayah itu dan mengasingkan diri di Inggris.

Dilahirkan di Damaskus pada 1920 pada dinasti Hashemite, Putri Badiya adalah putri Raja Ali bin Al-Hussein, yang secara singkat memerintah kerajaan Hijaz di Arab barat dan memegang gelar Grand Sharif di Makkah.

Kakeknya, Hussein bin Ali, telah memimpin pemberontakan Arab melawan Kekaisaran Ottoman dan mendirikan kerajaan Hejaz pada tahun 1916.

Pada tahun 1925 Putri Badiya dan keluarganya meninggalkan Makkah ke Irak setelah kerajaannya digulingkan oleh Ibn Saud, pendiri Arab Saudi.

Di Yordania, paman Putri Badiya telah mendirikan kerajaan dengan dukungan Inggris, dan ketika Kekaisaran Ottoman runtuh, pamannya yang lain, Faisal I, menjadi raja Irak pada tahun 1921.

Bagi sang putri muda, tiba di Baghdad adalah saat yang sangat menyenangkan, dan dia langsung jatuh cinta.

"Bagdad sangat indah dibandingkan dengan Amman karena Amman kecil dan diterangi lilin," kenangnya dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Al-Sharqiya pada 2012.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)