TOPIK TERPOPULER

33 Pemuda di Makassar Menenggak Minuman Keras di Pelataran Masjid

Faisal Mustafa
33 Pemuda di Makassar Menenggak Minuman Keras di Pelataran Masjid
Puluhan remaja yang dilaporkan tengah menenggak minuman keras di pelataran salah satu masjid di Kota Makassar, Minggu dini hari tadi. Foto: SINDOnews/Faisal Mustafa

MAKASSAR - Puluhan pemuda di Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar diboyong ke kantor polisi. Mereka dianggap mengganggu ketertiban masyarakat, lantaran "berpesta" minuman keras (miras) di pelataran Masjid Al Baitul Makmur di Jalan Sungai Preman 2.

Katim Penindak Gangguan Kamtibmas (Penikam) Polrestabes Makassar, Ipda Arif Muda mengatakan, 33 orang diamankan pihaknya ke Mapolsek Ujung Pandang, Minggu (22/11/2020) sekitar pukul 03.00 Wita.



Baca juga: Ngebir hingga Ngewine Bakal Dilarang, Juragan Hotel & Resto Gagal Paham

"Ada informasi dari masyarakat, kami tindaklanjuti menuju tempat yang dimaksud. Ternyata memang benar kami temukan sekelompok pemuda tengah berpesta miras di pelataran parkir masjid," jelas Arif.

Arif tidak menjelaskan pasti identitas puluhan pemuda pria yang diamankan. Mereka kata dia langsung digelandang ke Mapolsek Ujung Pandang untuk diperiksa lebih lanjut.

"Di lokasi kami juga menyita barang bukti tiga jerigen minum keras tradisional jenis ballo. Beserta 12 botol minuman keras. Sudah kita serahkan ke Polsek Ujung Pandang," papar perwira polisi berpangkat satu balok ini.

Salah satu pemuda yang diamankan mengaku, "pesta" miras itu dilakukan untuk merayakan ulang tahun seorang temannya.



"Ada mahasiswa, ada juga siswa. Katanya ada yang ulang tahun jadi dirayakan. Tapi cara-cara ini mengganggu ketertiban masyarakat sekitar. Makanya kami amankan," ucap Arif.

Terpisah Kasi Humas Polsek Ujung Pandang, Bripka Suwandy Salam menerangkan, puluhan pemuda itu telah mendapat pembinaan, orang tua mereka turut dipanggil sekaligus membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya.

"Mereka kami sudah pulangkan. Kita kembalikan ke orang tuanya. Kebanyakan masih usia sekolah juga. Rata-rata warga di sekitar tempat kejadian perkara. Ada juga yang dari luar, karena kan diajak rayakan ulang tahun," kata pria yang akrab disapa Wandi ini.

Baca juga: Daftar Miras yang Dilarang RUU Minol: Bir, Vodka, Ciu hingga Topi Miring

Dia menjelaskan, persoalan utama mereka diamankan karena "pesta" miras di lingkungan rumah ibadah,"Warga jadi risih. Apalagi kan ini miras bisa memicu. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi," papar Wandi.

Wandi mengimbau kepada masyarakat khususnya para pemuda untuk lebih memanfaatkan akhir pekan dengan kegiatan yang bermanfaat. "Kalau mau ulang tahun bisa dengan sedekah atau berbagi ke sasama. Itukan lebih baik," pungkasnya.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!