Debat Kandidat Pilkada Luwu Utara, Rahmat Laguni Akui Kecerdasan Suaib Mansur

Minggu, 22 November 2020 - 17:19 WIB
loading...
Debat Kandidat Pilkada Luwu Utara, Rahmat Laguni Akui Kecerdasan Suaib Mansur
Indah Putri Indriani-Suaib Mansur dalam debat kandidat pilkada Luwu Utara di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Minggu (22/11/2020). Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Debat kandidat calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Luwu Utara digelar Minggu (22/11/2020) pagi tadi. Dalam sesi debat itu, ada momen di mana calon wakil bupati nomor urut 1, Rahmat Laguni (RL) mengakui kecerdasan saingannya, Suaib Mansur.

"Saya paham Anda (Suaib Mansur) cerdas, saya paham anda lihai. Tapi calon wakil itu biasanya hanya jadi pajangan saja," kata Rahmat Laguni, saat diberi kesempatan untuk bertanya kepada Suaib Mansur, seperti dalam siaran pers yang diterima SINDOnews.



Pernyataan itu, langsung ditanggapi Suaib dengan santai. Mantan Kepala Dinas PU Luwu Utara itu menjelaskan jika seorang wakil bupati, punya tugas dan fungsi pokok sendiri. Tidak bisa mengambil peran bupati.

"Pengawasan adalah salah satu tugas pokok seorang wakil bupati, selain itu wakil juga bisa memberikan saran. Bupati jugakan tidak selalu berada di tempat, di situ seorang wakil juga bisa berperan menggantikan bupati, namun tetap tidak keluar dalam fungsi sebagai wakil," jelas Suaib.

Jabatan wakil juga kata dia adalah jabatan yang sangat starategis, sepeti bagaimana membantu mengentaskan kemiskinan, narkoba dan lainya.

"Jabatan wakil bupati adalah jabatan strategis yang secara ex officio adalah Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) dan Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) ," pungkasnya.



"Kalau kita lihat Lutra saat ini, sangat membutuhkan peran wakil bupati, membutuhkan sinergitas antara bupati dan wakil. Bupati dan wakil bupati adalah dwi tunggal. Menghadapi dua bencana besar COVID-19 dan banjir bandang , juga sangat dibutuhkan peran seorang wakil," tutup Suaib.

"Terima kasih jawaban Anda," timpal Rahmat Laguni.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2991 seconds (0.1#10.140)