TOPIK TERPOPULER

Kabupaten Barru Jadi Wakil Sulsel di Lomba Kearsipan Nasional

Muhammad Subhan
Kabupaten Barru Jadi Wakil Sulsel di Lomba Kearsipan Nasional
Malam penganugerahan pemenang lembaga kearsipan daerah terbaik tingkat kabupaten/kota di Makassar, Jumat (20/11/2020). Foto: Humas pemkab Barru

BARRU - Kabupaten Barru akan mewakili Sulawesi Selatan di lomba lembaga kearsipan daerah (LKD) nasional. Hal ini dimungkinkan setelah Barru menjadi daerah terbaik kategori kearsipan daerah se-Sulsel.

"Alhamdulilah, pada tahun 2020 ini, kita meraih peringkat pertama sebagai lembaga kearsipan daerah terbaik. Barru mengungguli 23 kabupaten kota di Sulsel, insyaallah, akan mewakili Sulsel untuk lomba LKD tingkat nasional tahun depan," sebut Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Barru, Fariadi Abujahja, Jumat (20/11/2020) malam.



Baca juga: Pelaku UMKM dan IRT di Barru Diberi Pelatihan Digital Entrepreneurship

Fariadi menerangkan, arsip merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media, sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh organisasi.

"Kita dinilai telah memiliki dokumen paripurna, terutama jadwal retensi arsip (JRA) yang semuanya telah kita atur dalam peraturan bupati. Istimewanya sebab Barru telah memiliki Perda Kearsipan, serta sarana prasarana arsip telah difasilitasi berupa depo arsip dan lemari arsip yang sesuai standar regulasi" tambah Kadis Perpustakaan.

Menurut Fariadi, penganugerahan ini menjadi legitimasi akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah, sebagaimana amanat Undang-Undang Kearsipan, yang juga tidak lepas dari kebijakan pemkab Barru yang menghargai kinerja dan kedisiplinan pegawai.

Fariadi menyampaikan, jajarannya antusias dan peduli terhadap kearsipan. Apalagi Barru punya Fungsional Arsiparis Barru, Darhan yang dinilai sepenuh hati dan memiliki kepedulian tinggi, hingga bersedia membina sampai kearsipan ke desa/kelurahan. Sehingga Barru punya nilai tambah.



Baca juga: Pemkab Barru Serahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan ke 858 Pekerja Formal

"Rahasia penilaian kinerja yang menjadi nilai plus, sebab selain sisi regulasi dan fasilitas, pemda Barru telah menjadi teladan dalam melakukan pembinaan sampai ke tingkat desa dan kelurahan untuk penataan arsip, semoga ini berkah," tutupnya.

Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah melalui Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel menyerahkan piala dan piagam juara pertama terbaik Sulsel ke Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Barru, Fariadi Abujahja, Jumat malam.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!