alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Luasan Pulau Badi Berkurang Tiap Tahun, Warga Akan Tanam Mangrove

Muhammad Subhan
Luasan Pulau Badi Berkurang Tiap Tahun, Warga Akan Tanam Mangrove
ANAK PULAU BADI. Dalam sepuluh tahun terakhir luas pulau Badi, Mattiro Deceng, Kecamatan Liukang Tupabiring, Pangkep terus terkikis oleh abrasi pantai sepanjang tahun. Foto: SINDOnews/Muhammad Subhan

PANGKEP - Dalam sepuluh tahun terakhir luas pulau Badi, Mattiro Deceng, Kecamatan Liukang Tupabiring, Kabupaten Pangkep terus terkikis oleh abrasi pantai yang hampir sepanjang tahun.

Kepala Desa Mattiro Deceng, Hasrar mengatakan, abrasi akibat ombak ini bahkan sudah merusak rumah warga. Akibat abrasi pantai yang cukup ekstrem ini, setiap tahun pemerintah desa menggelontorkan anggaran hingga ratusan juta untuk membangun tanggul pemecah ombak.

"Abrasi ini sejak 2007. Luas Pulau Badi saat ini terus berkurang. Tiap tahun kami membuat pemecah ombak di daerah yang ombaknya ekstrim," kata Hasrar di Pangkajene, Kamis (11/4/2019).



Wilayah Pulau Badi yang mengalami abrasi yaitu disebelah utara dan selatan. Bahkan, sepuluh rumah warga di pulau yang lebih dekat ke Kota Makassar ini sudah tidak bisa ditempati lagi karena rusak.

Terkait besarnya anggaran setiap tahun untuk perbaikan tanggul atau membangun tanggul pemecah ombak diakui Hasrar cukup membebani keuangan desa.

Untuk itu, dirinya berencana untuk melakukan penanaman mangrove disepanjang pantai sebagai solusi jangka panjang atas abrasi tersebut.

"Mangrove ini diharapkan menjadi solusi jangka panjang untuk mengatasi abrasi. Dan kelak uang desa busa digunakan untuk hal positif lain," ujarnya.

Rencana penanaman ini mendapat dukungan dari dari BUMN. Pendamping Ring II CSR PT Semen Tonasa, Hania mengatakan, pihaknya telah menyetujui untuk kegiatan penanaman mangrove di Pulau Badi. Selain Pulau Badi, tiga pulau lain yang kerap dilanda abrasi juga akan ditanami mangrove.

"Insyaallah bulan ini, kami akan lakukan penanaman serentak di empat pulau," ucapnya.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook