alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Resmikan Bank Sampah, Taufan Pawe Beberkan Pengelolaan Cara Jepang

Darwiaty Dalle
Resmikan Bank Sampah, Taufan Pawe Beberkan Pengelolaan Cara Jepang
Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe, meresmikan Bank Sampah dalam kegiatan The Gade Clean & Gold, yang digelar di Kelurahan Labukkang, Kecamatan Ujung, Parepare. Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle

PAREPARE - Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe, meresmikan Bank Sampah dalam kegiatan The Gade Clean & Gold, yang digelar di Kelurahan Labukkang, Kecamatan Ujung, Parepare, Jumat (12/4/2019).

Bank sampah tersebut merupakan program kerjasama antara pemkot Parepare dengan PT Pegadaian (Persero) Cabang Parepare.

Taufan mengatakan, sampah di Parepare tak sekedar sampah, namun memiliki nilai ekonomi. Melalui sinergi dengan pihak Pegadaian, katanya, diharapkan ada hal positif yang diberikan kepada pemkot Parepare.



"Ada nilai edukasi, mengatar kami mendapat reword presatasi tinggi. Jadi saya sangat mensupport dan tentunya saya mau minimal satu kecamatan ada dua kelurahan yang bisa jadi percontohan jejak sampah," ujarnya.

Pada kesmepatan itu, Taufan juga mengungkapkan cara pengelolaan sampah yang dilakukan oleh orang Jepang. Saat dirinya berkunjung ke Jepang, kata Taufan, orang Jepang tidak pernah memandang sampah sebagai sampah.

Sampah, bagi orang Jepang mengandung nilai ekonomis dan telah mengidentifikasi 20 jenis sampah.

"Pada akhirnya hingga hilir zero sampah karena semuanya mengandung nilai ekonomis. Hal itu bisa menjadi acuan agar keberadaan bank sampah bisa menghasilkan Sampah yang bernilai ekonomis dan menjadi uang, hasilnya akan dimasukkan ke Pegadaian sebagai tabungan warga," papar Taufan.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook