alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gempa 6,9 SR Landa Sulteng, Peringatan Dini Tsunami Berakhir

Faisal Mustafa
Gempa 6,9 SR Landa Sulteng, Peringatan Dini Tsunami Berakhir
ILUSTRASI. Gempa bumi berkekuatan 6,9 SR mengguncang sebagian Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng0 dan terasa hingga ke Sulawesi Selatan (Sulsel), dan berpotensi tsunami. Foto: SINDOnews/Dok

MAKASSAR - Gempa bumi berkekuatan 6,9 SR mengguncang sebagian Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng0 dan terasa hingga ke Sulawesi Selatan (Sulsel), dan berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas (Kapusdatin Humas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, gempa bumi tersebut terjadi Jumat (12 April 2019) Pukul 19:40:49 Wita.

Pusat gempa berada di 1.90 LS dan 122.54 BT, dengan kedalaman 10 Km, 85 km Barat Daya Banggai Kepulauan, 113 km Barat Daya Banggai dan 113 km Timur Laut Morowali.



"Gempa terasa kuat di Kota Palu sekitar 6 detik. Masyarakat panik dan keluar dari rumah. Gempa terasa kuat di Kabupaten Luwu Timur sekitar 4 detik. Gempa berpotensi tsunami Kabupaten Morowali," jelasnya melalui rilis tertulis.

Sutopo menambahkan, BMKG menyatakan gempa berpotensi tsunami dengan status peringatan Waspada. Artinya pemerintah daerah setempat yang berada pada status waspada, diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan sungai.

"Gempa terasa kuat di Kabupaten Banggai. Daerah yang berpotensi tsunami adalah di Kecamatan Toili. Kalak BPBD Kabupaten Banggai telah mendapat rekomendasi dari BMKG setempat, bahwa masyarakat di Kecamatan Toili diminta untuk mengungsi," lanjutnya.

Terpisah, Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah Sulawesi Selatan, Daryatno mengatakan gempa bumi juga dirasakan dibeberapa lokasi di Sulawesi Selatan.

"Dirasakan di Poso, Buol, Morowali, Banggai dan Palu IV MMI, Kolaka Utara dan Toli-toli III-IV MMI, Sumalata, Kotamobagu, Palopo, Kolaka, Makassar dan Kep. Konawe III MMI, Gorontalo dan Kendari II-III MMI, Manado, Pinrang dan Konawe II MMI," katanya.

Peringatan dini tsunami juga telah berakhir pada pukul 20.47 Wita.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook