TOPIK TERPOPULER

Menteri Izinkan Sekolah Tatap Muka, Kadis Pendidikan: Lutim Sudah Siap

Fitra Budin
Menteri Izinkan Sekolah Tatap Muka, Kadis Pendidikan: Lutim Sudah Siap
Kepala Dinas Pendidikan Luwu Timur, La Besse. Foto: SINDOnews/Fitra Budin

LUWU TIMUR - Pemerintah membolehkan kegiatan belajar tatap muka di sekolah mulai Januari 2021. Kebijakan itu diumumkan melalui keputusan bersama antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri.

Menanggapi kebijakan tersebut, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Luwu Timur (Lutim), La Besse menyampaikan bahwa, sekolah di Lutim sebenarnya sejak lama siap melakukan pembelajaran tatap muka. Namun karena masih berada di zona merah, pihaknya pun hanya menunggu instruksi pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.



Baca juga: Sekolah Tatap Muka Boleh Dimulai Januari 2021, Ini Tiga Pihak yang Berkepentingan

"Menteri memang telah membuka peluang, tapi nantinya akan diserahkan ke sekolah masing-masing, dan itu tidak lepas dari kesepakatan guru dan orang tua juga komite," kata La Besse.

Menurut La Besse, kesiapan sekolah-sekolah di Lutim menggelar pembelajaran tatap muka dibuktikan dengan hadirnya prasarana penunjang, seperti alat pengukur suhu dan tempat cuci tangan.

"Kalau corona pada saat itu masi memuncak, kan otomatis belum bisa dilakukan. Maka itu nanti dilihat, dan tergantung dari situasi saja," kata dia.

"Kalau memang itu sudah bisa dilakukan, sekolah-sekolah di Lutim sudah siap menghadapi itu. Karena di sekolah-sekolah telah dilengkapi dengan alat-alat kesehatan seperti pengukur suhu badan, tempat cuci tangan, dan lainnya," tambah La Besse.



Baca juga: Walaupun Diizinkan, Banyak Sekolah Masih Takut Belajar Tatap Muka

Namun, kata La Besse, kalau ada kebijaksanaan dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, kemudian ada kesepakatan dari orang tua, maka pembelajaran tatap muka bisa dilakukan.

"Kita hanya bisa berharap pada bulan Januari masa corona telah berlalu. Karena hingga saat ini belum ada satu pihak pun yang bisa memastikan bulan Januari apakah kita berada di zona hijau, oranye, ataukah merah," pungkas Kadis Pendidikan.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!