alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Prabowo Sebut Perekonomian Salah Jalan, Tapi Tak Salahkan Jokowi

Kurniawan Eka Mulyana
Prabowo Sebut Perekonomian Salah Jalan, Tapi Tak Salahkan Jokowi
Indonesia terlalu lama bergantung pada pasar luar negeri, termasuk mengekspor dalam bentuk komoditi mentah, baik itu pertanian, perkebunan maupun perikanan. Foto: SINDONews/Dok

MAKASSAR - Indonesia terlalu lama bergantung pada pasar luar negeri, termasuk mengekspor dalam bentuk komoditi mentah, baik itu pertanian, perkebunan maupun perikanan.

Pernyataan itu disampaikan oleh Calon Presiden RI nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dalam debat pilpres terakhir, Sabtu (13/4/2019).

"Strategi ke depan adalah hilirisasi, industrialisasi, perlu pembangunan industri perikanan sebanyak-banyaknya, sehingga ekspor dalam bentuk bahan olahan," jelasnya.



Begitu juga untuk komoditas perkebunan, kata Jokowi, ke depan kita harus berani lakukan hilirisasi agar tak ekspor dalam bentuk mentah.

Jokowi juga menjelaskan bahwa mengelola ekonomi makro berbeda dengan mikro. Sisi permintaan dan suplai harus dijaga oleh kebijakan pemerintah, sementara pada ekonomi mikro hanya menjual dan membeli.

Sementara Calon Presiden RI nomor urut 02, Prabowo Subianto, menegaskan bahwa letak masalah perekonomian negara adalah karena tidak sesuai dengan UUD 1945.

"Perlu ada reorientasi strategi pembangunan, perlu ada policy yang tegas untuk menghentikan kekayaan Indonesia ke luar negeri," jelasnya.

Prabowo mengaku tidak menyalahkan Jokowi atas kesalahan yang terjadi pada sektor ekonomi tersebut, karena menurutnya hal ini merupakan kesalahan kita sebagai bangsa dan sudah berjalan puluhan tahun.

"Contoh Tiongkok, dalam 40 tahun mengentaskan kemiskinan. Kita ini salah jalan," tegasnya.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads