alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Lakukan Money Politic, Warga Laporkan Timses Caleg di Bulukumba

Eky Hendrawan
Lakukan Money Politic, Warga Laporkan Timses Caleg di Bulukumba
Warga memperlihatkan contoh surat suara dari caleg partai Gerindra nomor urut 1 dapil 1 Bulukumba dengan uang yang diterima. Foto: Sindonews/Eky Hendrawan

BULUKUMBA - Warga Kabupaten Bulukumba, mendapati tim sukses (timses) salah satu calon legislatif (Caleg) DPRD Bulukumba dari partai Gerindra, melakukan money politic pada, (13/04/2019).

Timses tersebut kedapatan membagikan uang kepada warga Kasuara, Kelurahan Tanakongkong, Kecamatan Ujungbulu beberapa jam sebelum masa tenang kampanye, mereka membagikan uang dan contoh surat suara dari partai Gerindra nomor urut 1 dari Daerah Pemilihan (Dapil) I yang meliputi Kecamatan Ujung Bulu, Ujung Loe, dan Bontobahari.

Ketua Panwascam Ujung Bulu, Salahuddin Umar yang dikonfirmasi soal penangkapan tersebut membernarkan informasi itu. Hanya saja dirinya mengaku jika penangkapan tersebut dilakukan oleh warga.



Pihaknya ke lokasi hanya untuk melakukan tindaklanjut, setelah menerima laporan dari warga lalu.

"Bukan OTT, tapi ada warga yang melapor kalau tetangganya menerima uang dari timses salah satu caleg. Sehingga kita turun ke lokasi," kata Salahuddin.

Saat tiba di lokasi, lanjut Salahuddin, pihaknya sudah tak menemukan lagi timses oknum caleg tersebut. Namun, Salahuddin membernarkan, bahwa pihaknya menemukan uang sebesar Rp200 ribu dengan contoh surat suara.

Dari informasi yang diterimanya, pemberian uang tersebut terjadi Sabtu pagi, sementara panwas baru menerima informasinya Sabtu sore.

"Karena bukan OTT, jadi kita minta untuk dilaporkan langsung ke Bawaslu. Karena kami sekarang fokus tertibkan APK," jelasnya.

Ketua Bawaslu Bulukumba, Ambo Radde Junaid, membenarkan adanya dugaan politik uang tersebut. Ia mengaku, proses registrasi dugaan tersebut belum dapat dilakukan karena alasan bukan hari kerja.

"Iya kita sudah dapat infonya. Ada warga yang melapor dugaan politik uang salah satu caleg di Dapil I. Hari Senin baru di registrasi," kata Ambo Radde.

Ia mengaku, pihaknya bakal melakukan pengkajian terlebih dahulu setelah proses registrasi selesai.

"Setelah dilaporkan kita akan lakukan pengkajian untuk proses berikutnya," pungkasnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook