alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Masa Tenang, Bawaslu Polman Mulai Tertibkan Alat Peraga Kampanye

Asrianto Suardi
Masa Tenang, Bawaslu Polman Mulai Tertibkan Alat Peraga Kampanye
Tim gabungan dari Bawaslu Polman mulai menertibkan alat peraga kampanye karena sudah masuk masa tenang jelng pencoblosan. Foto: Asrianto Suardi/Sindonews

POLMAN - Memasuki masa minggu tenang, Bawaslu Polewali Mandar (Polman) mulai menertibkan alat peraga kampanye (APK), mulai dari Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Penertiban ini melibatkan Satpol PP, dan dikawal oleh aparat keamanan TNI dan Polri.

Pembersihan terbagi dalam dua kelompok, yang menyasar jalan trans Sulbar. Kelompok satu mulai dari kecamatan Tinambung hingga kecamatan Polewali, dan kelompok dua mulai dari Desa Paku, Kecamatan Binuang hingga Polewali. Kedua kelompok akhirnya bertemu di satu titik di Kecamatan Polewali.

Pembersihan APK ini dimulai tanggal (13/4/2109) malam, sekitar pukul 00:00 Wita. Penertiban APK ini diperkiran rampung sehari sebelum hari pencoblosan. Satu persatu APK seperti baliho, spanduk, dan atribut kampanye lainnya dibersihkan.



Penertiban APK ini dilakukan dilakukan di seluruh wilayah Polman, per tanggal 14 April 2109, mulai pukul 00.00 Wita sejak masa kampanye berakhir.

Komisioner Bawaslu Polman Suaib Alimuddin mengatakan, sesuai dengan Undang Undang nomor 7 tahun 2017, pelaksanaan minggu tenang itu sejak tanggal 14 April 2019 mulai pukul 00:00 Wita, atau selambat-lambatnya turun satu hari sebelum 17 April.

"Kami lihat animo caleg dan timsesnya sangat tinggi, karena mereka ikut membantu dan terlibat dalam pembersihan APK ini," ujarnya saat memantau penertiban APK di wilayah Kecamatan Tinambung, Minggu (14/4/2019).

Suaib menjelaskan, penertiban APK kembali akan berlangsung hari ini oleh panwascam masing-masing kecamatan kembali akan melakukan penertiban APK di setiap jalan kecamatan atau lorong-lorong.

Suaib berharap, seluruh caleg melakukan penertiban sendiri. Namun selama ini Bawaslu Kabupaten melakukan sendiri denga cara turun langsung ke lapangan, bersama satpol PP dan polisi.

"Sesuai aturan seluruh alat peraga kampanye baik otu spanduk, baliho poster, tidak dibolehkan itu alat peraga kampanye selama masa minggu tenang," katanya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook