TOPIK TERPOPULER

Dinas Koperasi dan UKM Gowa Bantu Pelaku Usaha Tingkatkan Produksi

Herni Amir
Dinas Koperasi dan UKM Gowa Bantu Pelaku Usaha Tingkatkan Produksi
Dinas Koperasi dan UKM Gowa bantu pelaku usaha tingkatkan produksi dengan memberikan bantuan peralatan. Foto: SINDOnews/Ilustrasi

GOWA - Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gowa menggelontorkan bantuan kepada pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang ada di daerah berjuluk Butta Bersejarah.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gowa, Andy Aziz Peter mengatakan, ada 38 pelaku UKM dari beberapa kecamatan yang akan mendapatkan peralatan sesuai dengan kebutuhan usahanya.



Bantuan tersebut diberikan kepada pelaku usaha yang memang terdaftar dan telah mempunyai keterangan usaha dari kantor kelurahan tempat mereka berdomisili.

Baca juga: Petani di Gowa Harus Terdaftar di E-RDKK untuk Dapat Pupuk Subsidi

"Yang menerima bantuan ini yang pasti kami data, telah mengantongi keterangan usaha dari pemerintah setempat dan sudah lama menekuni usahanya," ungkapnya, Selasa (24/11/2020).

Adapun bantuan peralatan yang diberikan kepada para pelaku UKM yakni sesuai dengan jenis usahanya, seperti pemberian kompor gas bagi penjual makanan, gorengan, pemberian mesin kompresor atau pompa, laptop, komputer, serta mesin jahit dan lain-lain.

Dengan adanya bantuan ini, Aziz Peter berharap produksi para pelaku usaha dapat meningkat dan dapat mengurangi angka pengangguran di masa pandemi.



Salah satu pelaku UKM, Hasbiah mengaku bersyukur akan mendapatkan bantuan dari pemerintah Kabupaten Gowa. Menurutnya, bantuan tersebut sangat berarti guna menopang perkembangan usahanya.

"Alhamdulillah, terima kasih banyak atas bantuan yang diberikan oleh pemda Gowa. Insyaallah bantuan berupa alat penunjang ini akan kami manfaatkan betul-betul untuk meningkatkan produksi usaha kami," ucap warga Kelurahan Malakaji, Kecamatan Tompobulu yang mengaku sudah 10 tahun membuka usaha barang campuran ini.

Baca juga: PT IKI dan Gabungan BUMN Beri Bantuan Masker ke Pemkab Gowa

Sementara itu, Pjs Bupati Gowa, Andi Aslam Patonangi menjelaskan, pemkab Gowa memang memfasilitasi pengembangan UMKM yang berimbas pada perekrutan tenaga kerja.

"Kita harapkan muaranya pada penurunan angka pengangguran dan kemiskinan," paparnya.

Keberpihakan pemkab Gowa lanjutnya, terlihat pada pertumbuhan UMKM. Dari data jumlah UMKM tahun 2019 sebanyak 7.233 UMKM dengan 48 UMKM di antaranya merupakan UMKM unggulan.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!