alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ribuan Hektar Tanah di Lembah Yordania Ternyata Telah Disita Israel

Tim Sindonews
Ribuan Hektar Tanah di Lembah Yordania Ternyata Telah Disita Israel
Lembah Golan yang diklaim Israel. Foto : Ilustrasi/Istimewa

RAMALLAH - Ribuan hektare tanah di wilayah Lembah Yordania di Tepi Barat ternyata telah dicaplok oleh Israel. Mutaz Bisharat, seorang pejabat Otoritas Palestina (PA) yang melacak aktivitas permukiman Israel di Lembah Yordania, mengatakan, pihak berwenang Israel telah mengarahkan perhatian mereka pada sekitar 5.100 hektare tanah yang membentang antara Yordania dan Tepi Barat, yang diduduki Israel di Israel.

Menurut Bishirat, rencana penyitaan tanah tersebut akan mempengaruhi kehidupan beberapa komunitas Badui yang tinggal di daerah tersebut.
"Pihak berwenang Israel telah menetapkan tanah itu sebagai 'daerah militer tertutup' dan mencegah warga Palestina pemilih tanah untuk memasukinya," kata Bisharat, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (16/04/2019).

Sekitar 70 ribu warga Palestina, bersama dengan sekitar 9.500 pemukim Yahudi, saat ini tinggal di Lembah Yordania, sebidang tanah subur yang mencakup sekitar seperempat dari keseluruhan wilayah Tepi Barat.



Di bawah ketentuan perjanjian Oslo 1993 antara Israel dan PA, Tepi Barat dibagi menjadi Area A, B dan C. Area A berada di bawah kendali penuh administrasi dan keamanan PA. Area B berada di bawah kendali administrasi PA dan kontrol keamanan Israel dan Area C, yang meliputi Lembah Yordania, berada di bawah kendali administrasi dan keamanan eksklusif Israel.

Israel mengklaim bahwa Lembah Yordania sangat penting bagi keamanannya dan secara konsisten menolak gagasan untuk memasukan wilayah tersebut dalam perjanjian damai dengan Palestina.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook