alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Bulukumba Mengalah, Perhitungan Suara Tetap Dalam TPS Lapas

Eky Hendrawan
KPU Bulukumba Mengalah, Perhitungan Suara Tetap Dalam TPS Lapas
Ketua KPU Bulukumba Kaharuddin berdiskusi dengan Kalapas Bulukumba, Saripuddin Nakku terkait dengan perhitungan suara di dalam lapas. Foto: Istimewa

BULUKUMBA - Perseteruan antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, dengan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Bulukumba akhirnya menemukan titik terang. Pihak KPU akhirnya setuju proses perhitungan tetap dilakukan di dalam TPS 12 atau di dalam Lapas Bulukumba.

Penyelesaian perbedaan pendapat tersebut menemui titik terang setelah pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bulukumba, hadir di Lapas Bulukumba untuk menegahi dan menjelaskan aturan yang harusnya dijalankan penyelenggara.

Ketua KPUD Bulukumba Kaharuddin mengatakan, bahwa permasalahan di Lapas sudah menemukan solusi. Keputusan tetap dilakukan perhitungan suara di TPS 12 berdasarkan surat edaran Bawaslu RI point 12 yang menyebutkan bahwa pemilih DPT/DPTB yang hadir sebelum pukul 13.00 namun belum menggunakan hak pilih dikarenakan surat suara telah habis.



"Jadi Ketua KPPS berkoordinasi dengan PPS untuk mendapatkan surat suara yang masih tersedia di TPS sesuai kebutuhan. KPPS mencatat dalam formulir model C-2 KPU sebagai kejadian khusus," ungkapnya.

Lanjut Kaharuddin, pencatatan data surat suara yang diperoleh dari TPS lain dilakukan penysuaian kedalam surat suara yang diterima termasuk surat suara cadangan 2% dari DPT kedalam formuli model C1 masing masing jenis pemilu.

"Jadi edaran Bawaslu RI berdasar point 12 tersebut maka perhitungan surat suara untuk DPTB bisa dilakukan di dalam TPS Lapas," terangnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bulukumba Ambo Radde. Dirinya mengaku telah ke Lapas untuk memberikan solusi yakni dengan memperlihatkan surat edaran bersama Bawaslu dan KPU RI.

“Saya disana hanya sekitar dua menit saya sampaikan bahwa perhitungan bisa dilakukan berdasarkan surat edaran bersama, yang mana penjelasnnya ada pada point 12,″ ujarnya.

Setelah tertunda hingga beberapa waktu, pemungutan suara akhirnya dilanjutkan pada pukul 11.00 Wita. Dimana setelah surat suara untuk Daftar Pemilih Tambahan atau DPTB sudah disiapkan dengan mengambil surat suara yang berada disekitar Lapas.

Untuk DPT didalam Lapas hanya 18 orang dan DPTB berjumlah 193 orang. Dalam proses pemilihan, pihak KPU Bulukumba meminta agar proses perhitungan dilakukan diluar TPS 12. Permintaan itupun sontak ditolak pihak Lapas dan meminta perhitungan tetap dilakukan di TPS 12.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook