alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

140 Napi Rutan Klas IIB Pangkep Tak Dapat Memilih

Muhammad Subhan
140 Napi Rutan Klas IIB Pangkep Tak Dapat Memilih
Kepala Rutan Kelas IIB Pangkep, Ashari menyambut kunjungan Kapolres Pangkep, AKBP Tulus Sinaga dan Dandim 1421 Pangkep, Letkol Adi Sabaruddin yang memantau jalannya pemungutan suara di rutan, Rabu (17/04/2019). Foto: Muhammad Subhan/SINDOnews

PANGKEP - Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Kabupaten Pangkep, Ashari mengungkapkan jika 140 jumlah narapidana tak dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019, Rabu (17/04/2019).

Menurutnya, ratusan napi tersebut tak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) asal luar kabupaten. Sehingga Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) tak bisa melakukan perekaman.

"Sebanyak 140 penghuni tidak ada KTPnya. Mereka itu orang luar Pangkep semua. Sementara capil hanya melayani orang Pangkep saja untuk perekaman," kata Ashari.



Disamping itu, dia mengakui jika jumlah surat suara mengalami kekurangan di TPS yang ditempatkan di rutan. Dan proses pemungutan suara pun sempat dihentikan sementara waktu.

"Kurang kertas suaranya karena jumlah DPTb yang besar. Pemilih DPTb di Rutan Pangkep sebanyak 161 sementara DPT hanya 75. Kekurangan kita 161," akunya.

"Yang masuk DPTb itu yaitu tahanan atau napi yang hanya memiliki KTP dan suket. Selama ada KTP nya pasti memilih," sambung Ashari.

Sementara itu, salah satu Komisioner KPU Pangkep, Rohani menyebutkan, di dua TPS di dalam rutan ini terjadi kekurangan surat suara untuk 194 pemilih.

"Untuk solusinya, kita ambil dari kelebihan surat suara dari TPS terdekat," singkatnya.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads