alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Didukung Tokoh Sulsel Tetapi Jokowi Tetap Kalah, Nurdin Halid Bingung

Luqman Zainuddin
Didukung Tokoh Sulsel Tetapi Jokowi Tetap Kalah, Nurdin Halid Bingung
Ketua DPD Golkar Sulsel, Nurdin Halid. Foto: SINDOnews/Luqman Zainuddin

MAKASSAR - Didukung hampir semua tokoh Sulsel, nyatanya suara calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin tetap kalah di Sulsel. Fenomena itupun membuat Ketua DPD Golkar Sulsel, Nurdin Halid (NH) bingung.

"Saya belum paham betul, kenapa tiba-tiba berubah perilaku pilihan, apa penyebabnya saya tidak tahu. Itu diluar dugaan saya. Saya punya keyakinan yang sangat kuat bahwa pak Jokowi pasti menang di Sulsel," ujar Nurdin kepada SINDOnews.

"Dua bulan keliling untuk mengkampanyekan pak Jokowi. Pak Jusuf Kalla, pak Gubernur sendiri, menteri pertanian Amran, kemudian pak Syahrul sendiri, semua tokoh Sulsel turun untuk pak Jokowi. Saya tidak tahu apa kehendak rakyat ini," sambung NH.



NH menyebut, ada perubahan prilaku pemilih di Sulsel yang cukup mendadak di akhir-akhir masa kampanye. Sebab, sedari awal dia yakin, Jokowi - Ma'ruf menang di Sulsel.

Di sisi lain, NH mengaku pihaknya dan Golkar sudah bekerja maksimal untuk Jokowi - Ma'ruf. Dan, NH mengaku tidak perlu memberikan penjelasan kepada ketua umum Golkar Airlangga Hartarto terkait kondisi di Sulsel.

"Kita tidak perlu menjelaskan, karena itu kenyataan. Yang penting ketum Golkar sudah lihat sendiri, bagaimana kerja partai Sulsel memenangkan Jokowi. Namanya juga kedaulatan di tangan rakyat," pungkas Nurdin Halid.

Kekalahan Jokowi-Ma'ruf di Sulsel itu terpantau dari hasil 3 lembaga survei yang melakukan quick count di Sulsel hingga pada pukul 21.18 waktu setempat. Saiful Mujani Research Centre (SMRC) Jokowi - Ma'ruf 41,62%, Prabowo-Sandi 58,38 persen (total suara masuk 98.44%).

Indikator Politik Indonesia, Jokowi-Ma'ruf 42,86%, lalu Prabowo- Sandi 57,14% (total suara masuk 95,92%). Charta Politica, Jokowi - Ma'ruf 37,94%, kemudian Prabowo-Sandi 62.06% (total suara masuk 100%).



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook