alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Realisasi Pajak Restoran Makassar Sudah Capai 95%

Vivi Riski Indriani
Realisasi Pajak Restoran Makassar Sudah Capai 95%
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Realisasi pajak restoran hingga Desember 2017 sudah mencapai Rp133,5 miliar dari target Rp140 miliar. Artinya, realisasi pajak restoran hingga saat ini sudah mencapai 95,4% dari 1.449 wajib pajak.

"Target sudah mencapai 95,4%, mudah-mudahan sampai akhir Desember nanti target kita semua bisa tercapai sampai 100%," kata Kepala Sub Bidang Restoran, Minerba, dan Sarang Burung  Walet, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar, Andi Ahkam Syarif, Kamis (14/12/2017).

Jika dibandingkan tahun lalu dengan waktu yang sama, realisasi pajak restoran sudah mengalami surplus sebesar Rp27 miliar. Tahun lalu hingga akhir Desember yang terealisasi sebesar Rp114 miliar dari target Rp170 miliar.

"Dibandingkan dengan tahun lalu, penerimaan pajak ada peningkatan sekitar 20% sampai 25% di tahun 2017," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pajak Reklame, Parkir, dan Retribusi Daerah atau Kepala Bidang I Bapenda Kota Makassar, Ibrahim Akkas Mula menjelaskan, salah satu upaya pemerintah kota untuk menggenjot peningkatan penerimaan pajak restoran adalah gencar menggelar sosialisasi kepatuhan wajib pajak.

"Sosialisasi ini sengaja dilakukan di akhir tahun sebagai bagian dari strategi Bapenda untuk bisa bergerak cepat, karena tahun depan target pendapatan untuk pajak restoran kita naik," jelasnya.

Kata dia, kegiatan sosialisasi tersebut juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para wajib pajak agar tepat waktu dan tepat nilai dalam membayar pajak.

Tidak hanya itu, dalam sosialisasi tersebut Bapenda juga menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat perihal kepatuhan wajib pajak. Untuk itu, dalam sosialisasi tersebut lebih membahas perihal aturan dan mekanisme pembayaran pajak.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads