alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tunggu Hasil Resmi KPU, Bawaslu Gowa Imbau Warga Tidak Pawai

Herni Amir
Tunggu Hasil Resmi KPU, Bawaslu Gowa Imbau Warga Tidak Pawai
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Gowa mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas pawai kemenangan atas kemenangan paslon pilpres pilihannya. Foto: Ilustrasi

SUNGGUMINASA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Gowa mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas pawai kemenangan atas kemenangan paslon pilpres pilihannya.

Ketua Bawaslu Gowa, Samsuar Saleh, mengatakan, imbauan tersebut diberlakukan pada seluruh warga, baik di dataran tinggi maupun rendah.

"Ini adalah imbauan. Pendukung mending jangan pawai. Baik dibdayaran tinggi maupun di dataran rendah yang menjadi pusat kota Kabupaten Gowa," jelasnya , Kamis (18/4/2019).



Senada, Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga juga mengharapkan agar pasca pencoblosan, masyarakat, khususnya tim sukses dari setiap paslon untuk tidak melakukan pawai kemenangan dengan mobilisasi massa.

Masyarakat pun dihimbau untuk tetap tenang, menunggu hasil rekapitulasi suara resmi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Jadi, meski ada hasil quick count setelah pencoblosan, masyarakat agar tidak melakukan pawai, namun dengan menggelar doa bersama sebagai ungkapan syukur,” kata Kapolres Gowa.

Adapun himbauan terkait larangan untuk pawai kemenangan tersebut dilakukan dalam rangka menjaga harkamtibmas agar tetap aman dan kondusif, sekaligus untuk mengantisipasi timbulnya konflik ataupun hal-hal yang tidak diinginkan.

Himbauan ini juga telah dikaji berdasarkan UU No.9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyatakan Pendapat di Muka Umum, yakni apabila terjadi mobilisasi massa yang tidak sesuai undang-undang.

"Maka itu dilarang dan akan dilakukan penertiban sesuai dengan UU LLAJ No. 22 Tahun 2009,” tegas AKBP Shinto Silitonga.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook