TOPIK TERPOPULER

Pirlo Dukung Morata Jadi Salah Satu Penyerang Terbaik Dunia

Agus Nyomba
Pirlo Dukung Morata Jadi Salah Satu Penyerang Terbaik Dunia
Penyerang Juventus Alvaro Morata usai mencetak gol di Liga Champions. Foto: Istimewa

TURIN - Pelatih Kepala Juventus Andrea Pirlo menyanjung penyerangnya yakni Alvaro Morata setelah tampi memukau pada penyisihan grup G Liga Champions.

Pemain timnas Spanyol tersebut menjadi penentu kemenangan Juventus atas Ferencvaros dengan skor 2-1. Morata mencetak gol di menit tambahan.



Pencapaian lima gol penyerang Spanyol dalam empat pertandingan Liga Champions musim ini sama dengan jumlah terbaiknya dalam satu musim kompetisi, setelah berhasil mencetak lima gol dari 12 gol untuk Juve pada 2014-15.

Baca Juga: Duet Ronaldo-Morata Bawa Juventus Lolos ke Babak 16 Besar

Pirlo yakin Morata, yang memiliki tujuh gol dalam 10 pertandingan musim ini, bisa menjadi yang terbaik di dunia.

"Dia pemain yang kuat, dia hanya membutuhkan konsistensi dan kepercayaan diri," katanya dalam konferensi pers dilansir dari Livescore, Rabu, (25/11/2020).

“Jika mentalnya bagus maka dia bisa melakukan apa saja, dia bisa menjadi salah satu penyerang terbaik. Jika dia berlatih dengan baik, jika dia dalam kondisi bagus dan dia bermain dan dia mencetak gol, dia adalah pemain fundamental tidak hanya untuk Juventus tetapi juga untuk tim nasional," tandasnya.



Pirlo mengatakan, dirinya sengaja mempercayakan lini serang kepada pemain tersebut.

"Kami bekerja untuk menempatkan dia dalam kondisi terbaik, dan kemudian dia pandai menyelesaikan apa yang dia lakukan di lapangan," jelasnya.

Saat ini, di Liga Champions hanya bintang Borussia Dortmund Erling Haaland (enam) yang mencetak lebih banyak gol daripada Morata, sementara penyerang Manchester United Marcus Rashford juga mencetak lima gol.

Baca Juga: Pirlo Tegaskan Ronaldo Bukan Anak Emas di Juventus

Tetapi konversi peluang besar Morata - 100 persen - lebih baik daripada Haaland (71,4) dan Rashford (80), sementara tingkat konversi tembakannya, tidak termasuk blok, juga lebih baik daripada duo itu.

Golnya datang setelah Cristiano Ronaldo menyamakan kedudukan setelah gol pembuka Myrto Uzuni di Turin, bintang Portugal itu menyamai rekor Lionel Messi dengan 70 gol kandang di Liga Champions.

"Anda tidak selalu harus bermain bagus untuk menang, tetapi jika Anda bermain bagus biasanya Anda menang," kata Pirlo.

“Kami mengalami beberapa kesulitan, terutama dalam hal pendekatan permainan. Saya sempat meminta sikap berbeda di awal pertandingan, karena kami tahu kesulitan yang akan kami hadapi," ungkapnya.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!