alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ini Persentase Sementara Hasil Verifikasi Faktual IYL-Cakka dan DIAmi

Tim Sindonews
Ini Persentase Sementara Hasil Verifikasi Faktual IYL-Cakka dan DIAmi
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Sulsel ikut memantau proses verifikasi faktual untuk calon perseorangan Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Wali Kota Makassar. Selama tiga hari pemantauan di lapangan, partai berlambang kabah ini mencatat beberapa laporan penting.

Misalnya saja, dari pemantauan PPP di lapangan, hingga hari ke tiga sudah ada 30% data dukungan untuk Ichsan Yasin Limpo (IYL)- Andi Mudzakkar (Cakka) yang telah difaktualisasi. Hanya saja, ada catatan minor yang juga dikoleksi oleh pengurus DPW PPP.

"Dalam pemantauan dilapangan faktualisasi untuk dukungan IYL-Cakka berjalan dengan baik hanya beberapa insiden kecil seperti masih ada form dukungan masyarakat yang tersebar," urai ketua Badan Pemenangan Pemilu PPP Sulsel Rizal Syarifuddin dalam rilisnya, kemarin.

Padahal kata Rizal, dukungan tersebut seharusnya menjadi kerahasiaan yang harus dijaga sesuai azas pemilu yakni langsung umum bebas dan rahasia. Sementara itu, di Pilwalkot Makassar, pihaknya menemukan bapaslon dukungan Moh Ramdhan "Danny" Pomanto - Indira Mulyasari (DIAmi) sudah 15% yang terfaktual.

"Khusus kota Makassar faktualisasi dukungan  perseorangan yang dilakukan PPS di ganggu oleh oknum-oknum tertentu" bebernya.

Sementara aturan PKPU tahun 2017, lanjut Rizal, faktualisasi yang dilakukan PPS hanya melibatkan Liaison Officer (LO) dan pendamping pasangan calon. Hanya saja pihaknya menemukan ada oknum masyarakat yang ikut memfoto, mencatat, memprovokatori masyarakat.

"Mempengaruhi masyarakat untuk tidak mengakui dukungannya yang sebenarnya secara sadar masyarakat memberikan KTPnya sebagai bukti dukungan kepada Dany-Indira," beber dia.

Berdasarkan temuan tersebut, imbuh Rizal, PPP merekomendasikan kepada KPU untuk meminta bantuan keamanan dari kepolisian untuk membantu PPS dalam menjalankan tugasnya memfaktualisasi dukungan masyarakat Makassar.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads