Jogja-NETPAC Asian Film Festival Akan Digelar di Makassar

Rabu, 25 November 2020 - 13:05 WIB
loading...
Jogja-NETPAC Asian Film Festival Akan Digelar di Makassar
ogja-NETPAC Asian Film Festival akan digelar di Makassar. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Festival Film Terbesar di Indonesia Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) tahun ini akan diselenggarakan di 15 kota di seluruh Indonesia, salah satunya adalah Kota Makassar.

Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerjasama pihak JAFF dengan SEAscreen Academy - Rumata’ ArtSpace Makassar dan akan diselenggarakan di gedung kesenian Rumata ArtSpace Jalan Bontonompo Kelurahan Gunungsari Kecamatan Tamalate selama dua hari yaitu 27-28 November 2020.

Terdapat empat slot program pemutaran, yakni Layar Komunitas, Asian Perspective, Light of Asia, dan Indonesian Film Splash Short dengan jumlah keseluruhan film yang akan diputar adalah sebanyak 28 judul film yang terdiri dari film komunitas Indonesia dan seleksi resmi JAFF ke-15.



Pendiri Rumata' ArtSpace Riri Riza sekaligus Direktur SEAscreen Academy mengatakan, program kerjasama ini merupakan momentum yang baik dan kesempatan yang harusnya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh semua film maker untuk belajar dan berjejaring seluas-luasnya. Serta dapat menikmati sinema dalam kondisi yang penuh keterbatasan.

"JAFF adalah sebuah festival yang memiliki visi dan etos serta semangat menjalankan kerja dengan optimal dengan ambisi yang tinggi dan terukur. JAFF kemudian menjadi sebuah festival yang termasuk paling konsisten di Asia Tenggara yang fokus pada pemutaran film-film Asia Tenggara bukan hanya dalam kaitan terbaik, tetapi dalam memberi highlight dan memberi warna pada sinema Asia," ujarnya.

JAFF bersama SEAscreen Academy - Rumata’ ArtSpace Makassar kata Riri memiliki misi yang sama dalam memajukan industri film di Indonesia utamanya di wilayah Timur Indonesia untuk lebih percaya diri dan terbuka dengan industri film-film lokalnya.

"Dengan adanya JAFF berjejaring dengan komunitas di Makassar dan berpusat pada Rumata’ tentu saja ini menjadi momentum yang baik dan kesempatan yang harusnya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh semua teman-teman di Makassar untuk belajar seluas-luasnya," katanya.

JAFF sendiri adalah festival film terbesar di Indonesia yang menjadi barometer perkembangan film Asia. JAFF juga melahirkan bakat-bakat baru pembuat film di Indonesia. Berkat keberadaan dan konsistensinya, pada tahun 2015 JAFF diakui sebagai gerakan untuk memajukan dunia sinema Asia dan Indonesia oleh berbagai pihak, dan terpilih sebagai salah satu dari “The 25 Coolest Film Festivals in The World” oleh Moviemaker.com.



Sementara adapun untuk tata cara pembelian tiket bisa dicek melalui akun instagram @makassarscreen. Penyelanggaraan 15th JAFF ‘Kinetic’ akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sehingga kapasitas penonton di setiap satu slot programnya hanya menerima 20 kuota penonton.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)