alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Audit BPKP Hambat Penetapan Tersangka Kasus Dana Hibah KPU Makassar

Vivi Riski Indriani
Audit BPKP Hambat Penetapan Tersangka Kasus Dana Hibah KPU Makassar
Ditreskrimsus Polda Sulsel hingga saat ini belum menetapkan tersangka kasus dugaan penyimpangan dana hibah pelaksanaan Pilwali Kota Makassar 2018. Foto: Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Ditreskrimsus Polda Sulsel hingga saat ini belum menetapkan tersangka kasus dugaan korupsi penyimpangan dana hibah pelaksanaan Pilwali Kota Makassar 2018. Padahal sedikitnya puluhan saksi telah diperiksa, termasuk lima mantan komisioner dan Sekretaris KPU Makassar.

Informasi yang diperoleh SINDOnews, penetapan tersangka kasus anggaran Pilkada itu harus disertai dengan hasil audit kerugian negara dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel. (Baca juga: Kasus Dana Hibah KPU Makassar, Polisi Sudah Periksa 28 Saksi)

"Belum ada penetapan tersangka masih menunggu perhitungan kerugian negara dari BPKP," aku Kasubdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kompol Yudha Wirajati, Jumat (19/04/2019).  (Baca juga: Polda Sulsel Akan Periksa Ulang Mantan Sekretaris KPU Makassar)



Sebelumnya, Pengamat Hukum Pidana Universitas Bosowa, Ruslan Renggong mengatakan penyidik mestinya jangan terlalu lama dalam menetapkan status tersangka mengingat kasus ini telah naik ke tahap penyidikan.  (Baca juga: Kasus Dugaan Korupsi Dana Hibah KPU Makassar Tahap Penyidikan)

"Mestinya jangan terlalu lama, kalau sudah ada bukti yang kuat penyidik sudah harus menetapkan tersangka," kata Ruslan Renggong.

Sementara itu, Peneliti ACC Sulawesi, Anggareksa meminta tim penyidik untuk segera menetapkan tersangka dalam kasus penyimpangan dana hibah senilai Rp60 miliar tersebut.

Menurutnya, belum keluarnya perhitungan kerugian negara dari BPKP bukan menjadi alasan penyidik belum menetapkan tersangka.

"Perhitungan BPKP itu hanya untuk menghitung kerugiannya, sehingga walau pun belum ada hasil perhitungan dari BPKP namun sudah ada minimal dua alat bukti maka sudah bisa ditetapkan tersangka," pungkasnya.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif