alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hakim Senior India Dilaporkan Atas Dugaan Pelecehan Seksual

Kurniawan Eka Mulyana
Hakim Senior India Dilaporkan Atas Dugaan Pelecehan Seksual
Hakim senior di India, Ranjan Gogoi, dituduh melakukan dua kali pelecehan seksual oleh mantan karyawan Mahkamah Agung negara tersebut pada Jumat (19/4/2019). Foto: Reuters

NEW DELHI - Hakim senior di India, Ranjan Gogoi, dituduh melakukan dua kali pelecehan seksual oleh mantan karyawan Mahkamah Agung negara tersebut pada Jumat (19/4/2019).

Ranjan Gogoi yang merupakan ketua pengadilan setempat, menyebut tuduhan yang dibuat oleh asisten pengadilan junior berusia 35 tahun itu "tidak bisa dipercaya" dan mengatakan mereka adalah upaya untuk menghentikannya dari mendengarkan kasus-kasus penting.

Dilansir Aljazeera, pria berusia 64 tahun itu menyerukan sidang khusus pengadilan tertinggi negara itu, pada hari Sabtu (20/4/2019) dan menyangkal tuduhan, yang katanya diprovokasi oleh "pasukan yang lebih besar".



Wanita itu menulis surat kepada 22 hakim Mahkamah Agung pada hari Jumat, menuduh Gogoi dua kali membuat kemajuan seksual yang tidak diinginkan terhadapnya di kantor di dalam kediaman resminya pada Oktober tahun lalu.

"Dia memeluk saya di pinggang, dan menyentuh saya di seluruh tubuh saya dengan lengannya dan dengan menekan tubuhnya ke tubuh saya, dan tidak melepaskannya," tulisnya dalam pernyataan tertulis yang dilihat oleh kantor berita AFP.

Wanita itu juga mengklaim bahwa dia dipecat dari pekerjaannya dan keluarganya menjadi sasaran pelecehan setelah dia menolak kemauan Gogoi.

Dia telah meminta Mahkamah Agung untuk membentuk "komite penyelidikan khusus" untuk menyelidiki pernyataan tertulisnya.

"Saya telah mengambil langkah yang tidak biasa dan luar biasa ini di pengadilan hari ini karena semuanya sudah terlalu jauh," kata Gogoi menanggapi laporan itu.

"Pengadilan tidak bisa dijadikan kambing hitam," imbuhnya.

Ketua pengadilan, yang akan pensiun pada November tahun ini, mengatakan ia akan melanjutkan pekerjaannya "tanpa rasa takut".

"Ada pasukan yang berusaha menggoyahkan peradilan ... ada kekuatan yang lebih besar di belakang tuduhan yang dilemparkan kepada saya," katanya kepada sidang khusus, menambahkan bahwa wanita itu memiliki latar belakang kriminal.

Kontroversi itu terjadi di tengah-tengah gerakan #MeToo di India yang meningkat yang telah melihat beberapa direktur, aktor, dan tokoh media Bollywood dituduh melakukan pelecehan seksual.

Seorang menteri luar negeri junior terpaksa mengundurkan diri tahun lalu setelah beberapa wanita menuduhnya melakukan pelecehan.

Mahkamah Agung memiliki 25 hakim yang ditunjuk oleh presiden India, termasuk ketua pengadilan.

Salah satu lembaga paling dihormati di negara itu, Mahkamah Agung sering memutuskan masalah kebijakan utama dan memerintahkan tindakan yang mengutip kepentingan publik.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads