alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kelompok Bersenjata Serang Kementerian Komunikasi di Kabul

Kurniawan Eka Mulyana
Kelompok Bersenjata Serang Kementerian Komunikasi di Kabul
Anak-anak yang diselamatkan dibawa dari gedung Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi di Kabul, Afghanistan 20 April 2019. Foto: Reuters/Mohammad Ismail

KABUL - Sekelompok orang bersenjata menyerang Kementerian Komunikasi Afganistan di Kabul pada hari Sabtu (20/4/2019), mengganggu bulan-bulan yang relatif tenang di ibukota Afghanistan.

Serangan hari Sabtu dimulai sebelum tengah hari, dengan ledakan di pintu masuk gedung bertingkat yang menjadi tempat kementerian di daerah komersial kota yang sibuk, diikuti oleh tembakan terdengar lebih dari satu mil jauhnya.

Area di sekitar gedung ditutup oleh polisi, karena sedikitnya tiga penyerang bertempur melawan pasukan keamanan, kata jurubicara Kementerian Dalam Negeri Nasrat Rahimi.



Menjelang sore, dia mengatakan setidaknya dua penyerang telah terbunuh dan tembakan tidak lagi terdengar. Namun, tidak ada konfirmasi bahwa serangan itu sudah berakhir.

Dilansir Reuters, para pejabat keamanan menyatakan, ledakan itu tampaknya disebabkan oleh seorang pembom bunuh diri, juga dekat dengan Hotel Serena yang dijaga sangat ketat, salah satu dari sedikit hotel di Kabul yang masih digunakan oleh pengunjung asing.

Tidak ada klaim tanggung jawab untuk serangan yang menandai kembalinya jenis serangan perkotaan kompleks, yang akrab pada konflik Afghanistan selama beberapa tahun terakhir.

Ratusan orang telah tewas di Kabul dalam serangan oleh kelompok-kelompok militan termasuk Taliban dan ISIS.

Tetapi setelah pejabat AS mengadakan serangkaian pertemuan dengan perwakilan dari Taliban, Kabul relatif tenang. Sementara pertempuran sengit telah berlangsung di Afghanistan, dan gerilyawan Taliban telah mengumumkan serangan musim semi mereka.

Serangan itu hanya beberapa hari setelah pertemuan yang direncanakan antara pejabat Taliban dan politisi Afghanistan, serta perwakilan masyarakat sipil di Qatar dibatalkan, menggarisbawahi rintangan yang dihadapi upaya untuk mencapai penyelesaian damai.

Para pejabat mengatakan mereka berharap akan mengadakan pertemuan segera tetapi tidak ada tanggal yang ditetapkan.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads