alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Korea Utara Kecam Komentar John Bolton Soal Denuklirisasi

Agus Nyomba
Korea Utara Kecam Komentar John Bolton Soal Denuklirisasi
Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton. Ia mendapat kecaman dari sejumlah pejabat di Korea Utara terkait dengan komentarnya soal denuklirisasi. Foto: Istimewa

PYONGYANG - Pemerintah Korea Utara telah mengkritik seruan Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton, terkait Pyongyang yang harus menunjukkan bahwa mereka serius tentang menyerahkan senjata nuklirnya.

Kritik ini sudah kedua kalinya dilakukan Korea Utara telah mengkritik pejabat AS terkemuka dalam waktu kurang dari seminggu.

Sebelumnya Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, dia terbuka untuk pertemuan puncak ketiga dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, tetapi Bolton mengatakan kepada Bloomberg News pada hari Rabu bahwa pertama-tama perlu ada "indikasi nyata dari Korea Utara bahwa mereka telah membuat keputusan strategis untuk memberikan senjata nuklir”.



"Bolton, penasihat keamanan nasional Gedung Putih, dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, menunjukkan di atas dirinya sendiri dengan mengatakan omong kosong seperti itu," kata Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son Hui yang dikutip di Reuters.

"Pernyataan Bolton membuat saya bertanya-tanya apakah mereka muncul karena tidak memahami niat para pemimpin puncak DPRK dan AS atau apakah dia hanya mencoba untuk berbicara dengan selera humor tertentu untuk bagiannya, dengan penyimpangan sendiri," katanya merujuk pada Republik Rakyat Demokratik Korea, nama resmi Korea Utara.

"Semua hal dipertimbangkan, kata-katanya tidak memiliki pesona di dalamnya dan dia tampak redup bagi saya," lanjut dia.

Wakil menteri Korea Utara juga memperingatkan bahwa, tidak akan ada gunanya jika Amerika Serikat terus "membuang pernyataan seperti itu tanpa pertimbangan dan alasan".

Korea Utara mengatakan, pada hari Kamis bahwa pihaknya tidak lagi ingin berurusan dengan Sekretaris Negara AS Mike Pompeo dan bahwa ia harus diganti dalam perundingan oleh seseorang yang lebih matang, beberapa jam setelah Korea Utara mengumumkan uji senjata pertama sejak perundingan nuklir gagal.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook