alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dapat Anggaran Rp17,8 Miliar, Adnan Optimistis Gowa Tuntas Kumuh

Herni Amir
Dapat Anggaran Rp17,8 Miliar, Adnan Optimistis Gowa Tuntas Kumuh
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat memberikan secara simbolis dana untuk program Kotaku untuk BKM yang ada di Kabupaten Gowa. Foto: Istimewa

SUNGGUMINASA - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan optimistis Kabupaten Gowa, bisa tuntas kumuh di tahun 2019 ini sehingga target nasional mampu terpenuhi.

Hal itu disampaikan Adnan saat memberikan support kepada para penggerak Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) yang dibackup para Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang berada di 14 kelurahan di Kecamatan Somba Opu.

“Saya ajak seluruh lapisan masyarakat maupun jajaran pemerintah kecamatan untuk dapat bersinergi membangun Gowa, sehingga dapat kita mencapai semua tujuan pembangunan infrastruktur Gowa termasuk program Kotaku ini,” ungkapnya Minggu (21/4/2019).



Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa sendiri menjalankan Program Kotaku berbasis kawasan dengan menyasar Kecamatan Somba Opu seluas 196,15 hektare.

Program Kotaku merupakan program pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat untuk mempercepat penanganan kumuh perkotaan. Gerakan 100-0-100 merupakan inti dari program ini yang menargetkan penyediaan 100 persen akses aman air minun, nol persen kawasan permukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi layak.

"Ini masuk di visi misi bupati dan dicanangkan dalam RPJMD jadi harus dijalankan," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Gowa juga menyerahkan secara simbolis dana PKM kepada para BKM serta penyerahan dana replikasi Kotaku.

Untuk dana BKM adalah dana dari pusat yakni APBN dengan totalnya sebesar Rp17 miliar dan dana Replikasi Kotaku yang bersumber dari APBD Gowa sebesar Rp800 juta.

Terkait kegiatan ini, Nurliah Ruma selaku Korkot Kotaku juga optimismitis mampu mewujudkan harapan Bupati Gowa untuk tuntas kumuh di tahun 2019 ini melalui kerja kerja kolaborasi seluruh masyarakat dengan stakeholder lainnya.

"Kabupaten Gowa telah mempersiapkan program kotaku berskala kawasan. Di Tahun 2017 lalu. Semoga 2019 ini bisa tuntas," katanya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads