Anjuran Berjamaah Saat Qiyamul Lail di Bulan Ramadhan

Senin, 11 Mei 2020 - 17:17 WIB
loading...
Anjuran Berjamaah Saat Qiyamul Lail di Bulan Ramadhan
Qiyamul lail (salat malam) merupakan amalan utama di bulan Ramadhan selain puasa dan tadarus Al-Quran. Foto/Ist
A A A
Qiyamul lail (salat malam) merupakan amalan utama di bulan Ramadhan selain puasa dan tadarus Al-Qur'an. Keutamaan salat di malam-malam bulan Ramadhan ini diganjar pahala besar.

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, dia berkata: Dahulu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menganjurkan menunaikan qiyam Ramadhan tanpa memerintahkan dengan kuat (bukan wajib). Kemudian beliau bersabda:

( ومن قام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه )

"Barangsiapa yang menunaikan salat malam di bulan Ramadhan dengan iman dan mengharap (pahala), maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (Baca Juga: Selain Puasa, Inilah Amalan Utama di Bulan Ramadhan)

Kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat dan pelaksanaannya tetap seperti itu (yakni meninggalkan berjamaah dalam Tarawih). Kemudian tradisi berjamaah itu terus berlangsung pada zaman khalifah Abu Bakar radhiallahu ’anhu dan Umar bin Khattab radhiallahu 'anhu.

Anjuran Berjamaah
Syeikh Muhammad bin Shalih Al-Munajjid (Ulama Saudi Arabia) mengatakan, qiyam Ramadhan secara berjama'ah lebih utama daripada (salat) seorang diri. Karena Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam sendiri melaksanakannya dan menjelaskan keutamaannya dengan sabdanya. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadis Abu Dzar radhiallahu’anhu, dia berkata: "Kami melaksanakan puasa bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam di bulan Ramadhan . Beliau tidak salat bersama kita sedikitpun dalam bulan itu hingga tinggal tujuh (hari), lalu beliau menunaikan qiyam bersama kami sampai habis sepertiga malam. Ketika tinggal enam (hari), beliau tidak shalat bersama kami. Ketika tinggal lima (hari), baliau shalat bersama kami sampai habis pertengahan malan. Kemudian saya bertanya: "Wahai Rasulullah ! bagaimana kalau engkau tambah untuk kami qiyam (semua) malam ini. Kemudian beliau bersabda: "Sesungguhnya jika seseorang salat bersama imam sampai selesai, maka dihitung baginya qiyam semalam (penuh).” Maka ketika (tinggal hari) keempat, beliau tidak salat (bersama kami). Dan ketika (tinggal hari) ketiga, beliau kumpulkan keluarga, istri-istrinya dan orang-orang. Dan beliau berdiri (salat) bersama kami sampai kami khawatir tidak mendapatkan falah (sahur). Saya bertanya: “Apa falah itu?” dia menjawab: "Sahur". Kemudian beliau tidak salat (lagi) bersama kami sisa bulan ( Ramadhan ). (Hadis Sahih, dikeluarkan oleh Ashabus Sunan, pemilik kitab-kitab sunan).

Penyebab tidak kontiniunya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (salat qiyam) secra berjamaah di bulan Ramadhan , di antaranya: Beliau khawatir salat malam itu akan diwajibkan kepada umatnya di bulan Ramadhan. Sehingga mereka tidak sanggup menunaikannya sebagaimana dalam hadis Aisyah RA dalam dua kitab shahih (Sahih Bukhari dan Muslim) dan di selainnya.

Kekhawatiran ini telah lanyap bersamaan dengan wafatnya beliau shallallahu 'alaihi wa sallam setelah Allah sempurnakan syariat (Islam).Dengan demikian, maka ma'lul (tindakan karena adanya sebab) tidak berlaku lagi, yaitu meninggalkan jamaah dalam qiyam Ramadan, dan hukum yang berlaku adalah dianjurkannya berjamaah (dalam qiyam Ramadhan ). Oleh karena itu, umat Islam menghidupkan lagi sebagaimana dalam shahih Bukhari dan lainnya.

Dianjurkannya Berjamaah Bagi Perempuan
Dianjurkan bagi para perempuan untuk menghidupkan qiyam Ramadhan secara berjamaah. Dalam hadis Abu Dzar tadi, bahkan dibolehkan menjadikan wanita sebagai imam yang khusus untuk para wanita, bukan imam laki-laki. (Baca Juga: Rahasia Salat Malam di Bulan Ramadhan, Mestikah Diawali dengan Tidur?)

Terdapat riwayat dari Umar radhiallahu’anhu ketika mengumpulkan orang-orang untuk (menunaikan) qiyam, beliau menjadikan Ubay bin Ka'ab untuk para laki-laki dan Sulaiman bin Abu khotsmah untuk para wanita. Dan dari Arfaja Ats-Tsaqafi berkata: "Dahulu Ali bin Abu Thalib radhiallahu 'anhu menyuruh orang-orang untuk menunaikan qiyam di bulan Ramadhan , dan menjadikan imam untuk para laki-laki dan imam untuk para wanita. Beliau berkata: Maka saya menjadi Imam para wanita".

Terkait situasi pandemik saat ini di mana banyak masjid ditutup, tentu tidak ada pilihan kecuali salat qiyamul lail berjamaah di rumah. Baik salat tarawih, witir dan salat malam lainnya hendaklah dikerjakan berjamaah. Apabila seseorang salat (qiyam) seorang diri, dipersilakan baginya memanjangkan bacaan sesuai keinginannya.
(Baca Juga: Qiyamul Lail, Ibadah yang Paling Dicintai Allah)

Wallahu A'lam Bish Showab
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)