alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu Rekomendasi 6 TPS di Palopo Gelar Pemungutan Suara Ulang

Chaeruddin
Bawaslu Rekomendasi 6 TPS di Palopo Gelar Pemungutan Suara Ulang
Proses pemungutan suara yang dilakukan sejumlah TPS di Kota Palopo pada Pemuli 17 April lalu. Foto: Sindonews/Chaeruddin

PALOPO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palopo, mengeluarkan rekomendasi adanya dugaan pelanggaran di enam TPS di tiga kecamatan di Kota Palopo.

Ketua Bawaslu Kota Palopo, Hasbudi Dwi Saputera, menyebutkan, dugaan pelanggaran ini ditemukan oleh petugas Bawaslu di lapangan saat pelaksanaan pemungutan suara.

Pelanggaran tersebut yakni KPPS meloloskan pemilih yang tidak semestinya menyalurkan suara di TPS yang bersangkutan.



"Ada 6 TPS yan kami temukan adanya dugaan pelanggaran yakni, di Kecamatan Wara TPS 7 Boting, TPS 8 Boting, TPS 12 Lagaligo, Kecamatan Wara Timur TPS 7 Surutanga, TPS 3 Malatundrung, Kecamatan Wara Barat TPS 4 Tomarundung," sebut Ketua Bawaslu Palopo Hasbudi Dwi Saputera.

"Temuan kami yakni ada 30 orang yang menyalurkan hak suaranya namun tidak terdaftar dalam DPT, DPK, tidak mengantongi formulir A5, petugas KPPS menerima mereka berdasarkan e-KTP," tambahnya.

Dijelaskan bahwa pemilih yang hanya menggunakan E-KTP tersebut berasal dari berbagai daerah, Toraja, Demak, Semarang.

"Pemilih dari luar daerah Kota Palopo, ada dari Makassar, Lutim, Toraja, Demak, Semarang," ujarnya. Ketua Bawaslu Palopo mengakui bahwa temuan yang mereka dapatkan telah disampaikan ke KPU untuk dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 6 TPS di atas.

Dijelaskan bahwa, pelaksanaan PSU semua tergantung oleh KPU Palopo apakah akan melaksanakan rekomendasi Bawaslu Palopo atau tidak melaksanakannya.

Komisioner KPU Palopo, Adi Wijaya, membenarkan ada 6 TPS di Kota Palopo yang direkomendasikan Bawaslu untuk dilakukan pemungutan suara ulang.

"Untuk pelaksanaan PSU belum kami pastikan. Semuanya tergantung KPU Provinsi. Rekomendasi Bawaslu telah kami teruskan ke KPU Provinsi, kami KPU Palopo tinggal menunggu perintah," ujarnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook