alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Damkar Kenalkan APAR pada Siswa TK Bhayangkari Sengkang

M Reza Pahlevi
Damkar Kenalkan APAR pada Siswa TK Bhayangkari Sengkang
Dalam rangka pengenalan APAR, puluhan siswa dan siswi Taman Kanak-Kanak Bhayangkari, Sengkang menyambangi kantor Dinas Pemadam Kebakaran Wajo, Senin (22/4). Foto: SINDOnews/Reza Pahlevi

WAJO - Dalam rangka Pengenalan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sejak dini, puluhan siswa dan siswi Taman Kanak-Kanak Bhayangkari, Sengkang menyambangi kantor Dinas Pemadam Kebakaran Wajo, Senin (22/4/2019).

Kepala Seksi Rencana Operasi Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Wajo, Baharuddin, mengatakan pengenalan ini menjadi sarana edukasi, yang manfaatnya akan dirasakan saat terjadi bencana kebakaran.

"Kedepannya mereka akan mampu membantu rekan-rekan dan orangtuanya untuk lebih waspada akan bahaya kebakaran, baik di sekolah maupun tempat tinggal," jelasnya.



Fakta masih rendahnya pengetahuan anak-anak tentang APAR mendorong mendorong sejumlah pihak melakukan edukasi penanggulangan kebakaran.

"Edukasi ini sebagai upaya menekan jumlah insiden kebakaran mulai dari kelompok terkecil yaitu keluarga melalui anak-anak agar tumbuh kewaspadaan akan bahaya kebakaran sejak dini," katanya.

Selain mengajarkan anak-anak dari TK Bhayangkari cara mengatasi api dini dengan menggunakan APAR, ia juga memberikan pemahaman kepada siswa dan siswi TK Bhayangkari menggunakan alat pemadam tradisional seperti karung goni, kain tebal dan pasir

"Penggunaan pemadam alat tradisionil cukup dengan dibasahi dengan air, hal itu berguna agar alat tradisionil yang dipakai bisa lebih efektif dan tidak mudah ikut terbakar pada saat memadamkan api," bebernya

Sementara itu, Pembina TK Bhayangkari Lina A Marsel mengatakan, kegiatan ini melibatkan lebih dari 80 murid TK, guru, dan perwakilan orang tua murid.

"Selain penyampaian edukasi seputar api dan bahaya yang dapat ditimbulkan, para murid juga dilatih untuk melakukan demo langsung pemadaman api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)," katanya.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif