alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hanya 17 Sekolah di Gowa Laksanakan UNBK, Ini Kendalanya

Herni Amir
Hanya 17 Sekolah di Gowa Laksanakan UNBK, Ini Kendalanya
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat meninjau pelaksanaan UNBK tingkat SMP di Kabupaten Gowa. Foto: Istimewa

SUNGGUMINASA - Hanya 17 sekolah dari 109 sekolah setingkat SMP di Kabupaten Gowa yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yang dimulai Senin (22/4/2019).

Kepala Dinas Pendidikan Gowa Salam mengatakan, secara substansi UNBK memang belum dimaksimalkan di sekolah yang ada di Gowa.

Faktor kendalanya pun bukan karena sarana prasarana seperti komputer, tetapi dipengaruhi oleh keadaan geografis seperti sekolah di daerah dataran tinggi.



"Akan kami maksimalkan kedepan. Sehingga diharapkan tahun depan utamanya sekolah di dataran rendah semua dapat melakukan sistem UNBK,"ujarnya.

Menurut Salam, UNBK atau sistem online dan ujian sistem manual atau offline sebenarnya sebuah instrumen saja. Karena durasi waktu ujian maupun soal ujian sama.

Hanya saja yang dikhawatirkan adalah anak yang syok teknologi yang bisa berimbas menurunnya nilai anak. Bukan karena ketidamampuan menjawab soal namun belum siap menghadapi UNBK.

Karena itu, pihaknya akan membenahi sistem pembelajaran di Kabupaten Gowa dengan menggenjot pembudayaan komputer dan teknologi untuk menghindari anak-anak yang syok teknologi.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads