alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ketua KPPS di Polman Diduga Mencoblos di Dua TPS

Asrianto Suardi
Ketua KPPS di Polman Diduga Mencoblos di Dua TPS
Ketua Bawaslu Polewali Mandar (Polman), Saefuddin. Foto: Asrianto Suardi/SINDOnews

POLEWALI - Oknum Ketua Kelompok Penyelenggara Panitia Pemungutan Suara (KPPS) inisial SHR diduga melakukan pelanggaran Pemilu. Diduga menggunakan hak pilihnya di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) berbeda pada hari pelaksanaan Pemilu 2019, Rabu (17/04/2019).

Informasi yang diperoleh SINDOnews, Ketua KPPS TPS 02 Desa Ihing, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman) ini mencoblos di TPS 01 dan TPS 03.

SHR terdaftar sebagai pemilih di TPS 03, namun ia juga mencoblos di TPS 01.



"Hal ini yang membuat akan digelar PSU di Polman. Kasus ini sudah ditangani Bawaslu Kabupaten karena ini kan merupakan gawean Kabupaten," kata Ketua Bawaslu Polman, Saefuddin kepada SINDOnews, Senin (22/04/2019).

Dari hasil penyelidikan awal, pihak Bawaslu telah melakukan klarifikasi terhadap sejumlah saksi. Dan SHR diduga melanggar peraturan DKPP nomor 7 tahun 2017 tentang kode etik penyelenggara pemilu.

"Karena apabila dia terdaftar dalam satu TPS maka orang tersebut menggunakan DPT. Jika terdaftar dalam DPT maka yang pemilih tersebut sah mencoblos di TPS yang bersangkutan," pungkas Saefuddin.

Bawaslu Polman juga saat ini sedang melakukan penyelidikan keterlibatan pihak lain atas kasus dugaan ini.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook